• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Olahraga

Senator Aceh Mendesak Turnamen Sepak Bola Putri di Lhokseumawe Dibatalkan

5 July
16:05 2019
0 Votes (0)

KBRN, Lhokseumawe : Senator Aceh H. Sudirman alias Haji Uma, ikut mengecam perhelatan even Sepak Bola U-17 Putri tingkat nasional Piala Kemenpora yang dilaksanakan di Stadion Perta Arun Gas, Lhokseumawe, Aceh, pada Juli hingga September 2019. 

“Kita meminta kepada Panitia Penyelenggara tingkat Kota dan Provinsi untuk membatalkan serta membubarkan segala bentuk kegiatan yang bertentangan dengan Syariat Islam dan kearifan lokal masyarakat Aceh.” pinta H Sudirman (Haji Uma) yang merupakan anggota DPR RI asal Aceh, Jum’at (5/7/2019).

Menurut H. Sudirman (Haji Uma), even Sepak bola Putri di Aceh yang akan bersaing tingkat nasional sudah mencoreng wajah Aceh sendiri dari aturan syariat islam dan kearifan lokal masyarakat Aceh. karena secara Kultur dan budaya Aceh tidak mengenal sepak bola untuk perempuan.

"Kita tidak menolak emansipasi perempuan dalam olahraga. Namun dalam konteks Aceh, tidak semua jenis olahraga relevan untuk di berlakukan di Aceh, karena ada nilai dan norma kultural yang perlu dijaga dan mestinya selaras dengan syariat islam,”terangnya.

Selain itu, Haji Uma menyesalkan pihak Kemenpora serta unsur pelaksana even tersebut yang menafikan serta mengenyampingkan nilai maupun norma keacehan serta syariat islam yang berlaku di Aceh. Maka dari itu ia meminta kepada pihk pelaksana untuk membatalkan even tersebut.

"Kita harapkan even tersebut dapat dihentikan, untuk menghindari potensi gejolak lebih masif yang muncul di masyarakat Aceh, dan akan mengirim surat secara resmi sebagai perwakilan daerah guna meminta klarifikasi dan meminta even tersebut dikaji kembali serta dibatalkan pelaksanaannya di Aceh.”pungkasnya.(FUL/MS).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00