• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Kodim Aceh Utara Bersama Bulog Sergap 3.7 Ton Gabah Petani

16 April
02:10 2019
0 Votes (0)


KBRN, Aceh Utara : Kodim 0103/Aceh Utara dan Badan urusan logistik (Bulog) Kota Lhokseumawe kembali melakukan kegiatan penyerapan gabah (Sergab) milik Petani di Ds Biara timur Kec Tanah Jambo Aye Kabupaten Aceh Utara, Senin, (14/04/2019).

Dandim 0103/Aceh Utara Letkol Inf Agung Sukoco, S.H. melalui Pasiter Kapten Chb Edi Wijaya mengatakan salah satu tujuan kegiatan Sergap adalah untuk menyerap secara optimal gabah yang dihasilkan oleh dari para petani oleh Bulog sehingga Progran swasembada pangan yang telah dicanangkan Pemerintah segera terwujud.

Selain itu, Danramil 14/Tja Kapten Inf Anasabri Mengatakan Sergap tidak hanya memastikan stabilitas harga pembelian gabah dan menjamin stok Bulog, akan tetapi yang terpenting justru memotong rantai pasokan gabah. Karena selama ini disparitas harga beras ditengarai berasal dari panjangnya rantai pasokan dari gabah petani hingga beras sampai ke tangan konsumen,

Dia menambahkan, selain itu dengan kegiatan Sergap dimaksud, merupakan sebagai salah satu upaya mendukung program pemerintah dalam mewujudkan swasembada pangan. 

Sementara itu, Kasi Pengadaan dan Pelayanan publik Bulog Lhokseumawe Zulkifli menambahkan, tujuan dari pelaksanaan Sergap, adalah untuk membantu petani dalam menjual hasil panennya agar tidak dibeli oleh para tengkulak dan menambah stok gabah Bulog.
 "Dengan dibelinya gabah petani oleh Bulog diharapkan petani tidak terjebak dalam permainan harga," katanya.

menurutnya, melalui Sergap secara tidak langsung petani ikut berperan dalam menciptakan ketahanan pangan di daerah karena hasil panen mereka tidak dijual kepada pembeli yang kemungkinan berasal dari luar daerah.

Adapun hasil serapan gabah petani sebanyak 3.7 ton gabah dan sudah di antar ke gudang penggilingan Bulog.(MS)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00