• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

BANYUMAS

Pembatik Desa Parpingan Banyumas Diundang Ke India Untuk Melatih

7 October
18:27 2016
0 Votes (0)

KBRN Banyumas: Sebagai ujud syukur, ribuan warga desa Papringan kecamatan Banyumas, menggelar acara Sedekah Bumi.

Dua gunungan hasil bumi seperti sayuran, palawiya dan hasil kebun warga Desa Papringan di arak sepenjang 1 kilo meter dari depan SD Papringan menuju Balai desa.

“Suran kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Gunungan bertambah 1 menjadi tiga gunungan. Yang satu gunungan Batik hasil kerajinan warga setempat” kata kepala desa Papringan Sri Purwati di Sela acara Suran di Balai Desa setempat, Jumat (7/10/2016)

Ia mengatakan, sejak tahun 2007 ia menjabat sebagai Kades setiap tahun menggelar sedekah Bumi atau suran setiap Bulan Sura.

“Pada arak-arakan khusus gunungan hasil kerajinan Batik Paringan sengaja kami suguhkan, karena Batik Papringan kini makin mendunia. Jumlah pembatik di tempat kami kini seratus lebih” ungkapnya bangga.

Menurutnya program kluster pengembangan batik Papringan, setelah mendapat pendampingan, dan bimbingan baik berupa pelatihan maupun bantuan modal dari Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Purwokerto, telah menuai hasil.

”Kualitas prudksi, pewarnaan, motip  dan penjualan batik tulis kelompok Pringmas meningkat signifikan. Kerjasama dan dukungan yang luar biasa dari BI Purwokerto, Alkhamdulillah kini dirasakan para pembatik di Papringan. Dalam waktu dekat salah satu perajin batik dari desa Papringan diundang ke India untuk mengajar cara membatik” terangnya. (spj)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00