• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Aktual

BPBD Bantul: Tembok Alam Penahan Tsunami Di Pesisir Selatan Bantul Terancam Petambang

27 July
17:40 2019
0 Votes (0)

KBRN, Yogyakarta: Kepala Pelaksana BPBD Bantul, Dwi Daryanto menyebutkan wilayah pesisir selatan daerahnya memiliki gundukan pasir yang menyerupai daratan dan bisa berfungsi sebagai penahan gelombang air laut.

Salah satunya yang dijumpai bersama RRI di kawasan Pantai Baros, Bantul, Yogyakarta.

"Sepanjang selatan Pantai Bantul ini kan fenomena alam satu-satunya di dunia, tembok alam inilah yang perlu dilestarikan karena bisa berfungsi untuk menyelamatkan masyarakat dari potensi gempa dan tsunami," ucapnya saat mengikuti kegiatan tanam mangrove dan bersih pantai Ekspedisi Desa Tangguh Bencana (Destana) Tsunami BNPB di Pantai Baros, Sabtu (27/7/2019).

Daryanto menjelaskan gundukan pasir tinggi di sekitar Pantai Baros ini dibawa oleh gelombang air laut ke arah daratan, sehingga pasir - pasir ini terkumpul menjadi satu sehingga membentuk sebuah daratan yang cukup luas.

"Letaknya sekitar 100 meter dari bibir pantai ke arah lepas pantai," ungkapnya.

Meski begitu dia mennyatakan keberadaan tembok alam penahan tsunami ini terancam karena ulah para penambang yang terus mengeruk pasir tersebut. Pasir ini bisa digunakan sebagai bahan dasar untuk keperluan pembangunan gedung atau rumah.

"Kami dari Pemerintah Kabupaten Bantul memang sudah mempuyai kebijakan Perda terkait dengan larangan penambangan pasir pantai sudah diundangkan," tuturnya.

Menurutnya pengawasan juga terus dilakukan, namun karena keterbatasan sehingga tidak bisa dilakukan sepanjang jam.

"Kita berharap warga sekitar bisa ikut mengawasi, hal ini guna keselamatan para masyarakat juga," tandasnya.

Berita Terpopuler

Berita Terfavorit

00:00:00 / 00:00:00