• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

KPU Banyuwangi Tolak Berkas Dukungan Bacabup Independen Satiyem - Sunaryanto

26 February
14:17 2020
1 Votes (5)

KBRN, Banyuwangi : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyuwangi, menolak berkas dukungan bakal pasangan calon (bapascalon) bupati dan wakil bupati perseorangan Satiyem – Sunaryanto. Berdasarkan hasil perhitungan dari tim verifikator KPU, jumlah berkas dukungan pasangan Satiyem - Sunaryanto, masih kurang dari jumlah syarat minimal 85.643 dukungan.

Komisioner KPU Banyuwangi, Ari Mustofa, Rabu (26/2/2020) mengatakan, jumlah syarat dukungan pasangan Satiyem - Sunaryanto pada aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon) mencapai 94.858, namun setelah dicroscek dengan berkas- berkas yang dibawa saat penyerahan ternyata hanya 61.218 saja.

“Berdasarkan penghitungan, berkas yang diajukan ke KPU, berkas yang memenuhi syarat yakni B1KWK mencapai 61.281, dan B1.1 hanya 12.121, jadi masih kurang dari jumlah minimal syarat dukungan, sehingga kami putuskan untuk menolak berkas pencalonan Satiyem - Sunaryanto," ungkap Ari Mustofa.

Ari menjelaskan dalam proses penghitungan manual mulai tanggal 24 Februari lalu, KPU Banyuwangi menemukan ratusan berkas yang tidak memenuhi syarat administratif, yang diantaranya melampirkan fotocopy KTP warga dari kabupaten lain, dan beberapa temuan lainnya.

"waktu tim kami mengecek ternyata ada foto KTP bukan dari Banyuwangi, seperti dari Jember, Jakarta, dan daerah lainnya, sehingga kami anggap tidak memenuhi syarat," jelas Ari Mustofa.

Sementara  LO Satiyem – Sunaryanto, Heriyanto menyatakan keberatan dengan ditolaknya secara tegas menolak berkas pasangan yang diusungnya. Menurut Heriyanto, pasangan Satiyem - Sunaryanto, sudah mengumpulkan dan menyerahkan 94 ribu dukungan masyarakat, namun hanya ada 61 ribu saja yang dinilai memenuhi syarat.

“Tentunya kami Menolak keputusan KPU, karena berkas yang kami serahkan sudah lebih dari batas minimal, kalau ada kerusakan atau tidak sah kami terima, lalu kemana berkas kami yang hilang,” ungkap Hariyanto, Rabu (26/2/2020).

Pasca syarat dukungan ditolak, Tim dari Satiyem - Sunaryanto meminta seluruh berkas dukungan yang sudah diserahkan ke KPU, bisa dibawa pulang kembali, namun tidak diperbolehkan oleh KPU.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00