• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Hukum dan HAM

Gagal Membobol Mesin ATM dan Brangkas, Pencuri Bawa Kabur Rokok dan Uang Kasir

21 February
15:07 2020
0 Votes (0)

KBRN, Situbondo: Kawanan pelaku kejahatan merusak sebuah mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang berada di dalam pertokoan Alfamart di Kecamatan Mlandingan, Situbondo, Jawa Timur, Jumat (21/2/2020). Kawanan pelaku masuk ke dalam pasar modern itu dengan membobol bagian atap.

Menurut Kapolres Situbondo, AKBP Sugandi, pihaknya mengetahui aksi kawanan penjahat tersebut dari karyawan Alfamart yang mengetahui secara langsung kondisi brangkas ATM yang rusak, saat membuka toko.

"Mesin ATM hanya rusak saja, kawanan penjahat itu tidak berhasil membobol mesin ATM," terang Sugandi.

Selain mesin ATM, pelaku juga berupaya membobol brangkas toko. Namun, upaya itu juga gagal. Pelaku hanya berhasil membawa kabur uang yang ada di laci kasir senilai Rp 300 ribu dan belasan slop rokok dengan berbagai merek.

"Dari hasil olah TKP, sepertinya kawanan penjahat ini masih pemula, karena belum berhasil membobol mesin ATM maupun brangkas, malah meninggalkan jejak," ujar mantan Kapolres Pacitan ini.

Sugandi mengaku, dari tempat kejadian perkara, polisi berhasil mengamankan beberapa alat bukti, yang diduga milik pelaku, diantaranya, kunci sepeda motor, kunci rumah, dan sebuah gembok yang diduga digunakan sebagai alat untuk membuka brangkas.

"Pelaku saat ini dalam pengejaran. Kami juga mengamankan CCTV yang ada di TKP untuk kepentingan penyelidikan," bebernya.

Berdasarkan keterangan yang diperoleh RRI, aksi kawanan penjahat tersebut diperkirakan terjadi sekitar pukul 02.00 WIB, dini hari tadi. Karyawan toko kaget saat membuka toko dan melihat mesin ATM dan brangkas toko dalam keadaan rusak.

"Begitu ada laporan, pagi tadi opsnal Polres dan Polsek langsung menuju lokasi dan melakukan olah TKP," tutup Sugandi.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00