• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Aksi Buruh Kawal Penutupan PT Mpoin di Jember Berlangsung Tegang

17 February
11:05 2020

KBRN,Jember: Aksi unjuk rasa puluhan Buruh yang tergabung dalam Serikat Buruh Muslim Indonesia (Sarbumusi) di depan pintu masuk Pabrik PT Mpoin di Kelurahaan Keranjingan, Kecamataan Sumbersari,Jember berlangsung tegang,Senin (17/1/2020). 

Sejumlah buruh sempat terlibat saling dorong dan harus diamankan personil Kepolisiaan yang mengawal jalannya aksi unjuk rasa menuntut penutupan sementara Operasional PT Mpoin sesuai keputusan Pemerintah Kabupaten Jember.

" hari ini kami kembali datangi PT Mpoin ini,karena kami angap pihak management perusahaa telah melanggar aturan hukum atas penyalahgunaan ijin usaha industrinya, termasuk juga 14 temuan pelanggaran dari Dinas Tenaga Kerja Provinsi Jawa Timur," ujar Ketua DPC Sarbumusi Kabupaten Jember,Umar Faruq kepada RRI disela-sela berlangsungnya aksi unjuk rasa buruh.

Atas temuaan sejumlah pelanggaran itu,Pemerintah Kabupaten Jember sebelumnya juga telah meindaklanjuti dengan memasang baner himbauaan agar pihak perusahaan menghentikan sementara seluruh operasional hingga ada keputusan pasti atas penyelsaiaan dari temuan pelanggaran dan persoalan  hubungan industrial  PHK secara sepihak yang dialami 22 orang buruh dari perusahaan itu.

"Ada 22 pekerja yang merupakan pekerja disini dan menjadi anggota kami ditolak tidak diijinkan mendirikan basis serikat pekerja dan langsung di PHK oleh pihak perusahaan,ini tentunya sudah kesewanang-wenangan dari perusahaan dan menjadi bentuk pelanggaran terhadap UU, oleh karenanya kita menempuh upaya sesuai mekanisme aturan untuk memperjuangkan hak dari saudara-saudara kami melalui jalur Hukum sesuai perundang-undangan yang ada," tegasnya.gan/pw

Pantauaan di lapangan,meski sempat diwarnai insiden dan berlangsung tegang, namun akhirnya para buruh dapat kembali melanjutkan aksinya. Para buruh mendirikan tenda didepan pintu masuk PT Mpoin sebagai upaya untuk mengawal agar pihak perusahaan mematuhi dan menyelsaikan seluruh persoalan sesuai dengan kebijakan larangan operasional sementara yang dukeluarkan oleh Pemerintah Kabupaten Jember. Puluhan personil kepolisiaan dari Polres Jember tetap berjaga-jaga disekitar lokasi untuk mengamankan jalannya aksi unjuk rasa.

00:00:00 / 00:00:00