• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Komisi I DPRD Situbondo Desak Bupati Segera Ganti Sekda

7 February
20:28 2020

KBRN, Situbondo: Komisi I DPRD Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, mendesak Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto, untuk melakukan konsolidasi dengan Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat), guna memilih ulang jabatan sekda baru, mengingat jabatan sekda lama sudah dinyatakan habis.

Sesuai dengan PP Nomor 11 Tahun 2017 pada Pasal 132 ayat (1) berbunyi, Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) yaitu seluruh Pejabat Eselon II yg saat ini menduduki jabatan harus dilakukan mutasi dengan uji kompetensi. Ayat (2) berbunyi, bahwa setiap mutasi JPT hrs memenuhi syarat menduduki jabatan minimal 2 tahun, dan paling lama 5 tahun. 

"Seluruh JPT di Situbondo sudah dimutasi, kecuali Sekda, padahal jabatan sekda sudah 7 tahun. Harusnya sekda juga dimutasi krn masuk JPT, dan jbtn nya sdh lebih 2 tahun," ujar wakil ketua komisi I DPRD Situbondo, Janur Sasra Ananda, Jumat (7/2/2020).

Politisi Partai Demokrat ini mengaku, Bupati Situbondo telah bersurat kepada Gubernur Jatim, agar Sekda Syaifullah mengikuti seleksi calon Widyaiswara pada tanggal 31 Juli 2019 lalu. Namun entah mengapa, sampai saat ini tidak ada informasi lanjutan terkait hal tersebut.

“Secepatnya kami akan menemui Biro Pemerintahan Pemprov Jatim untuk percepatan mutasi sekda. Jabatan sekda sudah terlalu lama. Mau menunggu sampai kapan?,” ungkap Janur.

Sementara itu, Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto mengaku sudah memberikan rekomendasi kepada Syaifullah dan tinggal menunggu formasi dari Pemprov Jatim, yang sesuai dengan keinginan sekda. 

"Permohonan sudah diproses, tinggal nunggu formasi. Yang pasti tahun ini sudah pasti pindah ke pemprov, hanya saja bulan apa belum tahu," beber Bupati.

Kata Bupati, Syaifullah sudah 7 tahun menduduki jabatan sekda. Dari awal dilantik sebagai sekda pada 18 Maret 2013. Karena pada waktu itu belum ada peraturan yang mengatur masa jabatan sekda maksimal 5 tahun, maka Bupati memperpanjang jabatan sekda saat mencapai 5 tahun.

"Setelah 5 tahun habis, bisa diperpanjang selama 2 tahun. Dan tahun ini sudah habis, gak boleh diperpanjang lagi. Mau tidak mau, sekda harus mencari tempat yang sesuai," beber Bupati.

Terkait dengan proses mutasi sekda ke Pemprov Jatim, Sekda Syaifullah angkat bicara. Ia mengaku surat pengajuan untuk menduduki jabatan baru di lingkungan Pemprov Jatim, sudah dilayangkan pad 2019 lalu. Namun belum ada keputusan dari Gubernur. 

“Saya tidak tahu kapan akan dimutasi, tinggal menunggu waktu. Saya ingin hari ini tapi Allah berkehendak lain, karena ini tidak lepas dari kehendak Allah," tuturnya. DIN/PW

00:00:00 / 00:00:00