• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Berpotensi Gelombang Tinggi, BMKG Banyuwangi Warning Nelayan Tidak Melaut

10 January
17:45 2020
0 Votes (0)

KBRN, Banyuwangi : Badan Metrologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banyuwangi, mengharapkan masyarakat yang berada diwilayah pesisir laut Jawa selatan, utamanya nelayan untuk mewaspadai tingginya gelombang terjadi dalam seminggu kedepan. Cuaca Ektrim tersebut merupakan dampak siklon tropis Blake, yang terjadi di Australia, yang berdampak terhadap meningkatnya kecepatan angin dan tingginya gelombang hingga 3 meter yang terjadi diwilayah Banyuwangi dan sekitarnya.

Prakirawan cuaca BMKG Banyuwangi, Dita Purnamasari, Jum'at (10/1/2020) mengatakan, potensi gelombang tinggi yang bisa mencapai lebih dari tiga meter, perlu diwaspadai oleh para nelayan, terutama nelayan yang biasa melaut di Laut Jawa Selatan, sepeti Grajakan, Pancer, dan Rajegwesi.

"Kami menghimbau kepada nelayan masyarakat terutama yang berada di Banyuwangi selatan untuk mewaspadai tinggi gelombang tersebut, terutama saat mereka melaut," ungkap Dita.

Selain para Nelayan BMKG juga menghimbau kepada wistawan untuk tidak berenang saat berwisata diwilayah perairan Banyuwangi Selatan, seperti Pulau Merah, pantai Mustika, Grajakan dan wilayah pantai lainnya, karena selain gelombannya cukup tinggi, kecepatan anginya juga meningkat, yang bisa mencapai 7 - 15 knot.

"Kita mewarning kepada nelayan dan pengelola wisata agar terus mengingatkan para pengunjung agar tidak berenang dan meningkatkan kewaspadaannya saat berwisata dikawasan pesisir pantai Banyuwangi selatan," tambah Dita.

BMKG juga akan terus memberikan update kondisi cuaca terkini melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi, agar bisa menyebarluaskan kondisi cuaca tersebut, kepada masyarakat dan pengelola wisata, agar bisa meningkatkan kewaspadaanya, dalam seminggu hari kedepan.(Son)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00