• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Bupati Situbondo Menyambut Baik Pemangkasan Eselon III dan IV

4 December
15:43 2019
0 Votes (0)

KBRN, Situbondo: Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto menyambut baik adanya pemangkasan jabatan Eselon III dan Eselon IV, yang bertujuan untuk menyederhanakan birokrasi pemerintahan. 

"Ini kebijakan pemerintah pusat, supaya birokrasi tidak bertele-tele, agar penghasilan kebijakan tidak melalui tahapan yang terlalu panjang," ujar Dadang kepada RRI, Rabu (4/12/2019).

Dadang mengatakan, bahwasanya pemangkasan jabatan tidak akan mengurangi tunjangan pejabat struktural, karena hanya peralihan tentang kegiatannya yang lebih spesifik yang sebelumnya sangat birokratif.

"Mereka yang struktural, yang terlalu panjang itu akan dipendekkan saja, sehingga nanti dia akan jadi jabatan fungsional, dan perlakuannya sesuai inpasing," bebernya.

Dadang mengaku, hingga saat ini petunjuk teknis dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), belum diterimanya. Selama belum ada petunjuk, maka Eselon III dan IV akan sesuai dengan rencana semula.

"Kita usulkan pejabat Eselon III dan Eselon IV yang dialihkan jabatan strukturalnya sesuai peta jabatan di lingkungan Pemkab Situbondo," terangnya.

Sementara itu, Kabid Mutasi dan Kepangkatan, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Situbondo, Mohammad Hasan mengatakan, sesuai dengan surat yang dilayangkan Kemenpan RB kepada seluruh lembaga pemerintah, agar mengirimkan usulan data pejabat Eselon III dan Eselon IV paling lambat minggu ke-empat Desember 2019.

"Kami telah mengidentifikasi dan memetakan jabatan Eselon III dan Eselon IV yang dapat disederhanakan dan dialihkan jabatan strukturalnya sesuai peta jabatan di lingkungan instansi masing-masing," terang Hasan.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00