• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemilu 2019

Undang Stake Holder Terkait, KPU Evaluasi Kampanye Pada Pemilu Serentak 2019

25 July
20:16 2019
0 Votes (0)

KBRN, Situbondo: KPU Situbondo, Jawa Timur, mengundang pengurus partai politik, LSM, media dan Bawaslu setempat untuk memberikan kritik dan saran terhadap KPU selaku penyelenggara, agar pelaksanaan pemilu berikutnya menjadi lebih baik.

"Evaluasi ini adalah perintah dari KPU RI. Dan akan menjadi referensi pada pemilu yang akan datang," kata Ketua KPU Situbondo, Marwoto dalam acara Evaluasi Fasilitasi Kampanye Pemilu Serentak 2019 di Aula Hotel Wisata Pasir Putih, Kamis (25/7/2019).

Waktu kampanye yang begitu panjang hingga tujuh bulan lamanya menjadi masukan bagi KPU. Selain rentang waktu kampanye, penempatan alat peraga kampanye (APK) dan jumlah APK juga menjadi bahan evaluasi.

Ketua Bawaslu Situbondo, Murtafi' yang hadir dalam acara tersebut menyampaikan uneg-unegnya terkait penempatan dan jumlah APK yang menimbulkan multi tafsir. 

"Aturannya diperjelas agar kami tidak bingung. Seperti halnya menempatkan di pohon, selama tidak dipaku di pohon katanya diperbolehkan. Tapi saya mengambil keputusan sendiri, selama APK ditempatkan di pohon, meskipun diikat, tetap melanggar," ujarnya.

Kata Murtafi' ketentuan lima APK di setiap desa juga membingungkan. Apakah lima APK hanya untuk DPRD kabupaten atau campuran antara kabupaten, provinsi dan pusat. 

"Hendaknya diperjelas lagi, lima APK perdesa itu untuk wilayah mana?," ujarnya.

Adapun bentuk-bentuk kampanye diantaranya, APK, bahan kampanye (BK), tatap muka, pertemuan terbatas, pemberitaan dan penyiaran serta media sosial. 

"Pelanggaran tertinggi adalah pemasangan APK di pohon dan pemasangan APK di tempat perorangan yang diizinkan oleh pemiliknya," terangnya.

Pantauan RRI, KPU mengundang pengurus partai politik, LSM, media dan Bawaslu Situbondo. Mereka memberikan kritik dan saran kepada KPU, selaku penyelenggara terkait dengan kampanye.

Dalam kegiatan Evaluasi Fasilitasi Kampanye Pemilu serentak 2019, KPU Provinsi Jawa Timur, Gogot Cahyo Baskoro hadir sebagai nara sumber.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00