• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemilu 2019

Aksi Solidaritas, Ribuan Massa Ngelurug Kantor Bawaslu dan KPU Situbondo

20 May
18:58 2019
0 Votes (0)

KBRN, Situbondo: Ribuan massa yang mengatas namakan Aliansi Masyarakat Peduli Demokrasi (AMPD) Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, menggelar aksi solidaritas di depan Kantor Bawaslu Situbondo, Senin (20/5/2019).

Mereka menyatakan sikap diantaranya, siap menerima dengan ikhlas hasil keputusan KPU pada 22 Mei 2019 mendatang, dengan syarat harus jujur dan aksi tersebut tidak memiliki tujuan agar paslon tertentu menjadi pemenang.

"Kami tidak rela kejujuran diinjak-injak di Bumi Pertiwi," teriak Zainuri Ghazali, orator aksi di atas truk yang dikawal ribuan massa. 

Ribuan massa AMPD yang mengendarai sepeda motor ini mengklaim, banyak kecurangan yang terjadi selama proses pemilu serentak berlangsung. Belum lagi kematian anggota KPPS yang diakibatkan karena kelelahan saat menjalankan tugasnya.

"Kami mohon kepada Bawaslu agar mendesak aparat hukum memproses kematian anggota KPPS. Jangan ciderai demokrasi hanya karena ambisi yang tidak manusiawi," teriak Zaenuddin lantang sambil mengepal tangan ke atas.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Situbondo, Murtafi' mengaku Bawaslu dan jajarannya berkomitmen untuk menjunjung tinggi kejujuran dan keadilan dalam menjalankan tugasnya.

"Kami telah berupaya maksimal melakukan pencegahan terhadap potensi kecurangan pemilu," ujarnya.

Ia menyebutkan, selama proses tahapan pemilu berlangsung hingga rekapitulasi perolehan suara di tingkat kabupaten dilakukan, ada 182 temuan dan laporan yang telah diproses sesuai dengan aturan perundang-undangan. 

"Semuanya sudah kita proses. Pelanggaran alat peraga kampanye yang mendominasi temuan dan laporan tersebut," ungkapnya. 

Pantauan RRI, usia berorasi di depan kantor Bawaslu yang berada di Jalan Madura, Kelurahan Mimbaan, Kecamatan Panji, massa AMPD melanjutkan aksinya ke kantor KPU yang berada di Jalan Cinderawasih.

Selain membawa poster yang berisi kalimat keprihatinan terhadap pemilu serentak 2019 yang menyisakan banyak permasalahan, mereka juga membawa keranda mayat sebagai bentuk protes tidak ada pengusutan kasus kematian penyelenggara pemilu salah satunya anggota KPPS.

Sementara untuk pengamanan, Polisi melakukan penjagaan ketat di pintu utama kantor Bawaslu untuk menghalau massa. Kapolres Situbondo, AKBP Awan Hariono memimpin langsung pengamanan yang berada di dua titik yakni kantor Bawaslu dan KPU. (Din/Ar)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00