• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pemilu 2019

PSU Bukan Pesanan Tapi Aturan

27 April
11:56 2019
0 Votes (0)

KBRN, Situbondo: Komisioner Bawaslu Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Slamet Riyadi menyatakan, pemungutan suara ulang (PSU) dilakukan, berdasarkan temuan adanya pemilih yang tidak memenuhi syarat untuk memberikan hak pilihnya. 

"Ada temuan dari pengawas kecamatan terkait adanya pemilih dari luar kota yang tidak memiliki surat pindah memilih," kata Slamet yang merupakan Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu, di sela pemungutan suara ulang, Sabtu (27/4/2019).

Saat dikonfirmasi terkait pemungutan suara ulang yang disinyalir adanya pesanan caleg, Slamet yang bertindak sebagai koordinator divisi penyelesaian sengketa memastikan, bahwa PSU dilakukan berdasarkan aturan.

"PSU tidak ada pesanan dari siapapun. Itu semata-mata untuk melaksanakan aturan," ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPU Marwoto mengatakan, PSU dilakukan di tiga tempat pemungutan suara (TPS), diantaranya, TPS 01 Desa Awar-Awar Kecamatan Asembagus, TPS 22 dan 25 di Kelurahan Mimbaan Kecamatan Panji.

"PSU dilakukan hari ini, dimulai pukul 07.00 WIB dan ditutup pukul 13.00 WIB. Perlakuannya sama seperti pemungutan suara pada 17 April 2019," terang Marwoto di sela memantau TPS 22.

Marwoto mengaku ada kehawatiran menurunnya partisipasi pemilih pada pelaksanaan PSU. Mengingat, hasil pantauan di tiga TPS hinggal pukul 11.45 WIB kehadiran pemilih rata-rata mencapai 50 persen.

"Banyak pemilih yang enggan ke TPS, mungkin karena yang kedua kalinya dalam waktu dekat," katanya. (Din/Ar)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00