• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

2017, PT-KAI Aktifkan Kembali Jalur Kalisat-Panarukan

17 August
19:50 2016
0 Votes (0)

KBRN – Bondowoso, PT Kereta Api Indonesia (KAI) targetkan tahun 2017 akan mengaktifkan kembali jalur kereta api Kalisat – Panarukan. Dalam waktu dekat PT KAI akan segera menertibkan jalur ROW (Right Of Way) yaitu ruang manfaat jalan dengan ketentuan 12 meter kanan kiri dari as rel.

“Jalur ini kan jalur mati, dan saat ini masyarakat banyak yang membangun di jalur ROW dan mereka tidak melalui izin kita, padahal di jalur ROW itu dilarang ada pembangunan,” kata Kepala PT-KAI Daerah Operasional (Daop) 9 Jember,Rusi Haryono, usai acara peresmian museum kereta api di Stasiun Bondowoso, Rabu (17/8/2016)

Ia mengemukakan, PT-KAI bekerjasama dengan pemerintah daerah setempat untuk melakukan penertiban jalur yang melintas dari Stasiun Kalisat, Kabupaten Jember, melalui Bondowoso dan berakhir di Stasiun Panarukan Kabupaten Situbondo.  

“Setelah peresmian museum ini kita akan mensosialisasikan kepada masyarakat tentang penertiban dijalur ROW, ” tuturnya.

Selain melakukan penertiban dijalur ROW, PT-KAI juga akan membenahi rel yang rusak bahkan hilang sepanjang jalur Kalisat – Panarukan. Diharapkan, tahun 2017 kereta api jalur Kalisat – Panarukan yang lama non-aktif ini akan aktif kembali.

“Kami maupun pemda Bondowoso mengharapkan dilaksanakan percepatan untuk mengaktifkan kembali jalur ini, namun hal ini harus kita konsultasikan kepada Dirjen terlebih dulu, semoga saja tahun depan jalur ini bisa dimanfaatkan kembali untuk angkutan baik umum maupun pariwisata,” pungkasnya berharap.  

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00