• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Metropolitan

BPJAMSOSTEK Serahkan Santunan Kepada Ahli Waris Korban Awak Kapal Motor Rejeki Penuh I

27 February
18:31 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta: Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Kantor Cabang Jakarta Pluit menyerahkan santunan kepada perwakilan ahli waris anak buah kapal peserta BPJAMSOSTEK

Kepala Kantor Cabang BPJAMSOSTEK Jakarta Pluit Husaini langsung menyerahkan santunan tersebut kepada Albar selaku perwakilan dari ahli waris.

Penyerahan santunan itu dilaksanakan di Pelabuhan Muara Angke UPPP DKI Jakarta, hari ini, Kamis (27/02/2020). Disaksikan oleh Kepala Bidang Kepesertaan BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Jakarta Pluit Iddial, Kasudin Ketahanan Pangan Kelautan dan Perikanan Jakarta Utara Unang Ristanto dan Kepala Pelabuhan Muara Angke Mahad.

Sebelumnya terjadi musibah, Kapal Motor Rejeki Penuh I tabrakan pada bulan Agustus 2019 lalu.

Insiden itu mengakibatkan 4 orang awak kapal hilang yang bekerja di Kapal Motor Rejeki Penuh I.

Keempat orang itu bernama; Irfan Arifin (24) warga Tegal, Wahyudiar Saputro (25) warga Brebes, Selamet (30) warga Brebes dan Kristin (25) warga Tegal.

Husaini mengungkapkan Kantor Cabang BPJAMSOSTEK Jakarta Pluit bersinergi dengan Kantor Kesyahbandaran Utama Pelabuhan Muara Angke dalam pemberian santunan ini. Jumlah besaran santunan yang diberikan Rp55.800.000,- per orang.

“Ini merupakan komitmen kami dalam melindungi tenaga kerja informal baik nelayan dan awak kapal. Santunan dan manfaat yang diberikan akan dapat meringankan beban bagi keluarga yang ditinggalkan,” terang Husaini.

Sementara itu Kepala Pelabuhan Muara Angke Mahad mengatakan mewajibkan seluruh nelayan dan ABK Pelabuhan Muara Angke untuk menjadi peserta program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.
Hal tersebut demi memberikan perlindungan kepada nelayan atau ABK yang memang memiliki risiko pekerjaan tinggi.
Untuk itu pihaknya bersinergi dengan Kantor Cabang BPJAMSOSTEK Jakarta Pluit untuk mendaftar seluruh ABK dan nelayan Pelabuhan Muara Angke. ”Dengan iuran program jaminan sosial yang sangat ringan namun manfaat yang diterima sangat besar untuk keluarga yang ditinggalkan,” ujar Mahad.

"Tentu santunan yang diberikan untuk keluarga yang ditinggalkan sangatlah bermanfaat”, tutupnya.(IRV)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00