• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nama & Peristiwa

Tiga Titik Longsor di Depok, Satu Rumah Nyaris Amblas

25 February
17:10 2020
4 Votes (2.8)

KBRN, Depok: Diguyur hujan selama 3 hari berturut-turut, menyebabkan kondisi tanah penopang bangunan rumah Yohannes warga RT02/RW08 Sukamaju Baru, Kecamatan Tapos, amblas ke tepi Anak Kali Cipinang.

Tanah longsor, di tebing Anak Kali Cipinang itu hampir melenyapkan seluruh dapur rumah Yohannes. Tak hanya itu, kamar dan ruang tamu pun tak luput dari retak dari lantai dasar hingga plafon rumah.

Yohannes menuturkan, longsor terjadi pada pukul 06:30 WIB, Selasa (25/02/2020) pagi. Suara gemuruh tanah longsor sempat membuat se-isi rumah yang terdiri dari suami-istri dan dua orang anaknya Vincentius (12) dan Benedictus (7) kaget.

Bahkan kedua putranya, lanjut Yohannes, merasa trauma.

"Sempat kaget juga tadi kami. Apalagi kejadiannya pas sibuk-sibuk anak mau berangkat sekolah. Anak saya ada rasa trauma," tutur Yohannes kepada RRI di lokasi.

Dia menyebutkan, sebelum longsor, beberapa sudut rumah yang berada di atas tebing longsor tersebut mulai retak-retak. Esok paginya, daerah yang mulai retak itu amblas ke tepi Anak Kali Cipinang.

"Kami berharap ada bantuan pengerasan atau penurapan tebing sungai yang menyanggah rumah saya ini dari Pemerintah Kota Depok," tuturnya.

Untuk sementara, Yohannes sudah mengontrak sebuah rumah, tidak jauh dari lokasi. Dirinya sudah mengevakuasi sebagian barang-barang perabot ke kontrakan tersebut.

Masih dilokasi yang sama, Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Kota Depok, terjun meninjau kerusakan yang terjadi di rumah Yohannes. Dia menghimbau agar Yohannes dan keluarga mengungsi atau mengosongkan rumah tersebut untuk menghindari jatuhnya korban.

"Kami udah melakukan assesment kerusakan, dan rusaknya cukup parah, apalagi ada ruang kamar posisinya menggangtung akibat longsor. Sewaktu-waktu itu bisa amblas," ujar Denny di lokasi.

Untuk pengendalian sementara, Penanggulangan Bencana dan Tagana Kota Depok menyerahkan bantuan sembako, selimut dan terpal kepada korban.

Pantauan RRI, posisi rumah Yohannes berada di tebing berbatasan langsung dengan Anak Kali Cipinang. Di sebalahnya terdapat banyak kolam pemancingan warga.

Lurah Sukamaju Baru Pairin, mengapresiasi bantuan yang telah diberikan oleh PB dan Tagana Kota Depok kepada keluarga Yohannes.

Pairin pun menjelaskan, selain rumah Yohannes, ada 2 titik longsor lainnya di kelurahan yang sama. Yaitu di RT05/RW03 dan RT07/RW02.

"Namun dari 3 titik lokasi longsor di kelurahan kita, ini (rumah Yohannes) yang paling parah. Karena dihuni oleh 4 warga. Kalau dua titik longsor lainnya, ngga sebahaya ini," kata Pairin.

Pairin memastikan akan mengusulkan pengerasan tebing rumah Yohannes yang longsor ke PUPR Kota Depok melalui Camat Tapos.

"Nanti kita usulkan, apakah di bronjong atau turap yang jelas akan dilakukan pengerasan," tandasnya. (RL)

  • Tentang Penulis

    Rido Lingga, S.Kom

    Jurnalis Radio Republik Indonesia | RRI Jakarta | email: lin99a@gmail.com

  • Tentang Editor

    Rido Lingga, S.Kom

    Jurnalis Radio Republik Indonesia | RRI Jakarta | email: lin99a@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00