• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Urban

Usahid Ajak Masyarakat Untuk Selalu Sarapan Sehat

23 February
18:14 2020
2 Votes (3)

KBRN, Jakarta : Sebelum menjalankan aktivitas sehari-hari, hendaknya masyarakat perlu makan pagi atau sarapan sehat. Dengan demikian, stamina tubuh akan semakin kuat sehingga bisa fokus dalam kegiatan seperti bekerja, belajar dalam sekolah dan kuliah.

Hal demikian mengemuka pada acara Sahid National Seminar of Nutrition yang bertajuk "The Breakfast Habit Transform Your Health” di Universitas Sahid (Usahid) Jakarta, Minggu (23/2). Kegiatan tersebut digelar dalam rangka Pekan Sarapan Nasional dan Peringatan Dies Natalis Usahid Jakarta ke-32.

Rektor Usahid Prof. Dr. Ir. Kholil, M.Kom mengatakan, sarapan sangat penting bagi seseorang yang hendak memulai aktivitas di pagi hari. Dengan makan pagi yang sehat, itu akan menjadi sumber energi dalam tubuh. "Jadi kalau pagi pagi hari sarapan dan asupan energi cukup, seharian kita bisa keja dengan fokus dan hasilnya bisa maksimal," ujar Kholil.

Dengan mengonsumsi makanan di pagi hari, lanjut Kholil, nutrisi dalam tubun akan terjaga dan bisa membuat mood seseorang. "Kalau kita sehari-hari kerjanya capek, lalu marah-marah melulu, jangan-jangan kita lupa sarapan. Karena itu, betapa pentingnya sarapan dengan menu yang sehat," ungkapnya.

Kegiatan seminar ini diinisiasi Himpunan Mahasiswa Gizi (Himagizi), Program Studi Gizi, Fakultas Teknologi Pangan dan Kesehatan (Fatepakes) Usahid. Turut hadir sebagai pembicara, antara lain Ketua Komite Pembinaan dan Pengembangan UKM-GAPMMI Irwan S Widjaja, Ketua Umum Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Indonesia (Pergizi Pangan) Prof Dr Ir Hardinsyah, MS, Ketua Prodi Gizi Usahid Dr Dadi Maskar, ST MSc, Dr Minarto selaku perwakilan Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi) dan Ketua Umum Anoki Mury Kuswari dengan moderator Wakil Dekan Fatepakes Dr Rahmawati, ST, MSi.

Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia, Prof Dr Ir Hardinsyah, MS mengatakan, makan di pagi hari harus mengandung gizi. "Jadi tidak asal sarapan, gizi seimbang juga diperlukan," tuturnya.

Dia menyebut 5J yang harus dipenuhi dalam makan pagi sebelum memulai aktivitas. 5J itu adalah Jenis (makanan), Jumlah, Jurus Mengolah, Jurus Mengonsumsi dan Jadwal (makan). Menurut Hardinsyah, semua harus berkesinambungan, apalagi sarapan memiliki hubungan dengan kemampuan berpikir dan konsentrasi belajar. "Kegiatan sarapan memiliki manfaat positif dalam hubungannya dengan kemampuan berpikir dan konsentrasi belajar," imbuhnya.

Ketua Komite Pembinaan dan Pengembangan UKM-GAPMMI Irwan S Widjaja memaparkan materi mengenai peran industri makanan dan minuman dalam mewujudkan sarapan yang baik dan sehat. Irwan mengatakan, pemilihan makanan yang digunakan untuk sarapan merupakan hal yang penting agar dapat sarapan dengan baik. 

Sementara Ketua Prodi Gizi Usahid Dr Dadi Maskar, ST MSc menyampaikan peran kedelai untuk menunjang sarapan yang baik. Makanan dari kedelai yang dicontohkan adalah tempe dan tahu. Selain itu juga susu kedelai. "Tempe itu makanan yang murah dan kualitasnya gizinya tidak kalah dengan telur ayam. Tempe ini juga bagus untuk sarapan," jelasnya.

Dr Minarto dari Persatuan Ahli Gizi Indonesia menyampaikan betapa pentingnya pemilihan menu sarapan yang baik untuk memenuhi kebutuhan gizi. Sedangkan Ketua Umum Anoki Mury Kuswari memberikan pemaparan tentang pentingnya sarapan untuk aktivitas fisik dalam sehari.

Peserta yang hadir mencapai ratusan yang berasal dari berbagai universitas, sekolah dan Poltekkes di sekitar Jakarta. Kegiatan semakin menarik setelah diselingi permainan di tengah seminar yang melibatkan peserta. Bahkan, seluruh peserta yang hadir juga diajak senam yang mengajak makan makanan bergizi. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00