• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nama & Peristiwa

Katulampa Kembali Meluap, Satu Keluarga Tewas Tertimpa Tembok dan Longsor

20 February
13:48 2020
0 Votes (0)

KBRN,BOGOR : Hujan deras yang terjadi di Bogor dan Puncak pada Rabu malam hingga Kamis pagi (20/02), mengakibatkan debit muka air di hulu kali Ciliwung kembali meluap hingga berada pada level siaga III (150cm) terpantau dari mercu bìendung Katulampa.

Air di Pos Bendung Katulampa terpantau mulai surut ke level siaga IV terjadi pada pukul 09.00 WIB, seiring dengan kondisi hujan yang mereda di wilayah Puncak dan  Bogor. 

"Alhamdulillah saat ini pukul 12.00 WIB air terpantau masih normal berada pada level 60cm dari mercu bendung. Sedangkan untuk cuaca masih gerimis halus," kata Andi Sudirman, Kepala Petugas Pos Bendung Katulampa Bogor.

Hujan deras yang terjadi di Bogor dan Puncak itu selain mengakibatkan debit air di hulu kali Ciliwung meluap,  ternyata juga mengakibatkan longsor dan banjir di sejumlah wilayah.

Di Kampung Cibolang, Desa Banjarwangi, tepatnya di RT01/RW01, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor hujan deras telah mengakibatkan tembok rumah warga bernama Abdul Latif ambruk dan menimpa Abdul Latif bersama seluruh anggota keluarganya yang saat itu tengah tertidur lelap.

"Korban ada 4 orang yang merupakan satu anggota  keluarga. Terdiri dari ayah, ibu dan kedua anaknya. Korban semuanya meninggal dunia dan saat ini sudah berhasil dievakuasi dan dibawa ke rumah sakit Ciawi,"  kata Kepala BPBD Kabupaten Bogor, Yani Hasan.

Musibah ambrolnya tembok beton dan menimpa satu keluarga di Kampung Cibolong, Ciawi itu terjadi sekitar pukul 03.00 WIB pada Kamis pagi. "Tembok rumah korban rupanya tidak kuat menahan air hujan  yang sudah bercampur material longsor dari tebing di samping rumahnya, sehingga tembok ambruk dan menimpa satu keluarga yang saat itu tengah tidur lelap," terangnya.

Untuk itu Yani mengimbau, kepada seluruh warga masyarakat kususnya yang tinggal di daerah rawan bencana baik banjir dan longsor agar tetap waspada dan hati-hati saat terjadi hujan  deras. "Saya minta warga tetap waspada dan hati hati dalam menghadapi kondisi cuaca exstrim yang diprediksi masih akan terjadi hingga beberapa hari kedepan," pringatnya.(ars)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00