• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nama & Peristiwa

Temu Wicara Petani Banyumas dengan Kominfo dan LPER

16 February
22:37 2020

KBRN, Jakarta: "Peran Pengembangan Teknologi Era Digital Untuk Ketahanan Ekonomi Pedesaan" Topik bahasan serupa klompencapir di era industri 4.0. 

Kehadiran para pejabat Pemerintah baik pusat maupun daerah yang dihadirkan LPER (Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Rakyat) ini mengandung arti yang dalam bagi para UMKM yang sebagian besar Petani agrobisnis, perajin milenial. 

Siaran pers yang kami terima pada Minggu (16/2) menyebut acara ini dilaksanakan di tengah tanah bekas hutan jati dukuh Kalilirip, Pekuncen, Jatilawang Banyumas pada Jumat (14/2), Bertenda Merah Putih mengesankan semangat 45.

Unik karena dihadiri suku adat Bonokeling, tarian khas Banyumasan dan meriah saat Wamen Desa Budi Arie M.Si mengujungi stand-stand UMKM dan langsung memborong keripik singkong yang diproduksi oleh LPER Banyumas binaan Joni Roosmanto sekaligus sebagai tuan rumah acara ini sebelum meresmikan acara.  

Wamen mengatakan dana desa yang digelontorkan Pemerintah untuk dinikmati masyarakat desa dengan tujuan Indonesia maju melalui desa-desa juga, ini menepis bahwa kemajuan ekonomi bukan hanya di perkotaan saja. Maka masyarakat desa berhak mengawasi implementasi penggunaan dana nya untuk pembangunan desa  setempat.  Sarasehan ini harus menjadi awal dari pembangunan berkelanjutan dan langkah LPER menginisiasi sudah tepat terlebih kerjasama dengan BNI yang sudah berjalan perlu diperluas dan ditingkatkan. Maka dari itu kehadiran BUMDES sangat penting bagi desa-desa di seluruh Indonesia.

Sadewo Tri Lastiono Wakil Bupati Banyumas mengatakan sedang meningkatkan penggiat pembangunan desa  melalui kemajuan desa wisata, yang saat ini banyak diminati kaum milenial zaman sekarang dengan edukasi pariwisata.

Kominfo yang juga salah satu penyelenggara diwakili Septriana Tangkary SE., MM Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim, mengungkapkan pentingnya peran digital yang menjadi bagian kehidupan seseorang. Oleh karenanya UMKM baik petani, perajin dan nelayan dapat memasarkan produk-produknya melalui marketplace (Tokopedia, Blibli dan semacamnya) tanpa biaya. 

Perlu digaris bawahi bapak Presiden Jokowi  selalu bercita cita bahwa Indonesia yang luas ini sangat berpeluang menjadi energy of Asia dibidang teknologi informasi   sehingga Ekonomi pedesaan akan maju karena hasil industrinya bisa dijual ke mancanegara melalui sistem online.

Seminar ala klompencapir dan interaktif menghadirkan para narasumber yang kompeten dibidangnya antara lain :

-Drs. Haryo Tienmar. AK., ME. CPA.CA selaku Ketua Umum LPER menekankan tentang kendala UMKM bidang produksi baik kontiunitas bahan baku, kualitas barang dll, pemasaran, permodalan akses perbankan sehingga perlu pendampingan selaras kemajuan teknologi saat ini.Dan khusus di Kalilirip Banyumas saat sekarang membutuhkan air bersih yang vital,ungkap Dewan Komisioner PAM Jaya dengan semangat kepada wakil pemda setempat.

~Drs. Joko Wiyono. M.SI Kepala Dinas Tenaga Kerja Koperasi dan UKM Kab. Banyumas, memaparkan di daerah ini terdapat 84.800 lebih UMKM yang terus dikembangkan dalam klasifikasinya.

~ Ir. Riana dari Pimpinan BNI Purwokerto mengatakan bahwa KUR sekarang sudah turun dari 9 persen menjadi 6 persen, sehingga para pelaku usaha mikro kecil menengah, lebih ringan namun tetap butuh pendampingan, maka BNI siap bekerjasama terlebih kepada Bumdes yang sudah ada tetapi masih membutuhkan kejelasan lebih lanjut. Dalam klompencapir ini ada sesi tanya jawab, bagi peserta yang masih bertahan dibawah guyuran hujan lebat dan tempias ini,oleh BNI diberikan hadiah Rp.1.000.000 per penanya.

Tidak mudah mengumpulkan Pengusaha UMKM disaat mereka mulai jenuh didesanya. Ungkap Francisca Sestri Sekjen LPER yang dibenarkan Tantri Relatami Dewas RRI yang ketepaan selaku Pembina LPER kepada RRI hari ini melalui telepon.

Acara yang dihadiri oleh 400 an peserta, dibarengi berbagai pameran bazar produk jamu, makanan, minuman, kerajinan,dan batik dari buruh migran yang sudah kembali dan ikut membangun industri di desa ini, sangat menggembirakan dan membanggakan.

  • Tentang Penulis

    Budi Prihantoro

    Jurnalis Radio Republik Indonesia | RRI Jakarta | email: budiprihantoro811@gmail.com

  • Tentang Editor

    Budi Prihantoro

    Jurnalis Radio Republik Indonesia | RRI Jakarta | email: budiprihantoro811@gmail.com

00:00:00 / 00:00:00