• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Metropolitan

Banjir surut, pengungsi di Jakarta pulang

10 February
10:33 2020

KBRN, Jakarta: Banjir di Jakarta mulai surut dan sebagian besar pengungsi di kota ini kembali ke rumah.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana BNPB menyebutkan sekitar 83 Kepala Keluarga 
yang sebelumnya mengungsi di sejumlah lokasi pengungsian di Universitas Borobudur, Balai Kelurahan Bidara Cina dan sejumlah tempat ibadah sudah kembali.

"Kemarin warga yang terdampak banjir sedikit kok jumlahnya sekitar 83 Kepala Keluarga dari total pengungsi dan saat ini mereka sudah kembali,"ujar Kepala Pusat Pengendalian Operasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB, Bambang Surya Putra pada Senin (10/2).

Hingga hari Minggu (9/2) siang seluruh banjir di DKI Jakarta sudah surut setelah kawasan ini dilanda hujan deras sejak  beberapa hari sebelumnya. 

Namun BNPB mengingatkan warga tetap mewaspadai puncak musim hujan yang belum kita lalui yakni pada akhir bulan Februari dan awal bulan Maret ini "selain musim, warga juga harus memperhatikan cuaca kita yang dipengaruhi fenomena alam siklon tropis seperti kemarin ada siklon di pinggir sebelah barat daratan Australia dan di daerah dekat laut Hindia".

"Dua siklon tadi ditambah typhon di Filipina akan mempengaruhi tingginya curah hujan di Indonesia terutama di pulau Jawa dan Selatan pulau Sumatera,"tambah Bambang.

Bagaimana warga mewaspadai puncak hujan?

Badan Nasional Penanggulangan Bencana BNPB mengajak warga secara mandiri memantau perkembangan cuaca secara real time yang diterbitkan oleh BMKG dan untuk secara lokal bisa memantau radar radar cuaca yang sudah disiapkan pemerintah.

"Ada dua yang sudah disiapkan, baik dari teman-teman  BMKG  maupun dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional LAPAN. Masyarakat bisa memantaunya melalui aplikasi Semar, Sadewa dam Santanu,"ujar Bambang.

Pada Senin (10/2) pagi Badan Penanggulangan Bencana Daerah DKI Jakarta merilis ketinggian muka air di sejumlah pintu air yang rata rata dalam kondisi normal kecuali di Pasar Ikan yang statusnya pada pukul 09.00 WIB pada Siaga 2.

Ketinggian muka air pada bendung Katulampa di Bogor sendiri seperti disampaikan penjaga pintu bendung Sudirman saat berita ini disusun berstatus normal "pagi menjelang siang Katulampa kembali normal bertahan pada 40 cm. Cuaca di sekitar masih cerah dan terang merata dari puncak hingga Katulampa Bogor".

  • Tentang Penulis

    Budi Prihantoro

    Jurnalis Radio Republik Indonesia | RRI Jakarta | email: budiprihantoro811@gmail.com

  • Tentang Editor

    Budi Prihantoro

    Jurnalis Radio Republik Indonesia | RRI Jakarta | email: budiprihantoro811@gmail.com

00:00:00 / 00:00:00