• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Layanan Publik

Dua Jembatan Layang Bantuan DKI untuk Kota Bekasi Diresmikan

31 January
11:10 2020

KBRN, Bekasi : Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan, hari ini, Jumat (31/1/2020) meresmikan dua jembatan layang di Kota Bekasi, yakni Jembatan Layang (Fly Over) Rawapanjang dan Jembatan Layang Cipendawa.

Jembatan layang yang diresmikan tersebut merupakan bantuan hibah dari Pemerintah Provinsi DKI untuk Kota Bekasi. Peresmian secara simbolis dilakukan di atas Jembatan Layang Cipendawa di Kecamatan Rawalumbu Kota Bekasi.

"Jakarta dengan tetangga-tetangga semua adalah pemeritah yang bermitra. Kita sama-sama melayani kebutuhan warga negara Indonesia. Yang kebetulan lokasi tinggalnya, secara administratif beda pemerintah daerah. Dan, Kita semua adalah penyelenggara negara. Semangat kemitraan itulah yang harus kita perhatikan, dan itulah yang kita tonjolkan," ujar Gubernur Anies, usai peresmian.

Di tempat yang sama, Walikota Bekasi Rahmat Effendi, bersyukur akhirnya dua jembatan layang tersebut diresmikan, sehingga bisa langsung di manfaatkan oleh masyarakat.

Dua jembatan layang itu, bukan hanya untuk akses truk sampah milik DKI yang akan menuju ke Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang, tapi bisa juga dimanfaatkan oleh kendaraan lainnya.

Jembatan layang, lanjut Walikota sangat bermanfaat dalam rangka mengurai kemacetan di Kota Bekasi.

"Ada 19 titik macet di Kota Bekasi, dua tahun lalu kita bisa menyelesaikan Komsen, Jatiasih, dan Bojong Menteng. Sekarang ini bukan dua titik, tapi tiga titik (kemacetan yang bisa diurai). Ini (Jembatan Layang Rawa Panjang), bisa mengurai kemacetan di jalan Nasional (Jalan Kalimalang, Ahmad Yani dan Cut Meutia) dan (Jembatan Layang Cipendawa) bisa mengurai kemacetan di Jalan Provinsi (Jalan Narogong/Siliwangi)," ujar Walikota.

Jembatan layang rawapanjang memiliki panjang 830 meter dan lebar 15 meter, menghubungkan jalan Ahmad Yani dengan Jalan Raya Narogong.
Sementara jembatan layang Cipendawa, memilki panjang 730 meter dan lebar 14 meter, menghubungkan Jalan Cipendawa dengan Jalan Narogong.

Dua jembatan layang sudah dibangun sejak pertengahan tahun 2017, dan selesai pada  bulan Desember 2019. 

Pembangunan konstruksi dua jembatan layang, menelan biaya Rp 420 Miliar. Rinciannya untuk Jembatan Layang Rawa Panjang Rp 180 Miliar, dan Jembatan Layang Cipendawa Rp 240 Miliar.

  • Tentang Penulis

    Erik Hamzah, SH

    Reporter RRI Jakarta. email : erik.hamzah@gmail.com

  • Tentang Editor

    Erik Hamzah, SH

    Reporter RRI Jakarta. email : erik.hamzah@gmail.com

00:00:00 / 00:00:00