• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Metropolitan

Wakil Walikota Depok Hadiri Natal Umat Kristiani di Gereja Santo Paulus Depok

19 January
21:40 2020
2 Votes (4)

KBRN, Depok: Perayaan Natal Umat Kristiani Kota Depok, berlangsung meriah dan penuh suka cita di Paroki Santo Paulus, Pancoranmas, Kota Depok, Sabtu (18/01/2020) pukul 19:00 WIB. Betapa tidak, utusan gereja-gereja se Kota Depok saling unjuk kebolehan yang disugukan dalam berbagai bentuk mulai dari tari-tarian daerah, drama musikal pendek, koor hingga puisi, mengiringi acara demi acara hingga tuntas.

Tidak hanya itu, kehadiran Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna, dan Perwakilan Forum Kerukukan Umat Beragama (FKUB) Kota Depok, semakin mengokohkan semangat kebersamaan dan persaudaraan lintas agama di Kota Depok.

Hal ini sejalan dengan Tema Natal 2019, "Hidup Menjadi Sahabat Bagi Semua Orang".

"Acara perayaan Natal Forum Komunikasi dan Kerjasama Umat Kristiani Depok (FKKUKD) ini berjalan dengan baik. Lewat kotbah hari ini sesuai dengan tema Natal kita, menekankan kepada umat supaya kita menjadi sahabat bagi semua orang, baik itu antar orang Kristen maupun diluar agama Kristen," kata Pendeta Gepembri Kota Depok Martin Luther Batubara disela-sela acara perayaan Natal dilokasi.

"Setiap umat Kristiani mampu meneladani kasih Kristus sebagaimana Tuhan Yesus mengasihi manusia, kita juga harus saling mengasihi satu dengan yang lain. Itu doa dan harapan kami dalam acara ini," tambahnya.

Masih dilokasi yang sama, Deklarator Forum Muda Lintas Agama (Formula) Ustad Badrudin menyebutkan perayaan Natal Umat Kristiani Kota Depok ini sangat inspiratif dan harus didukung, dikembangkan dan ditingkatkan. Guna mendewasakan rasa toleransi dan menjunjung sikap saling menghargai antar lintas agama di Kota Depok.

"Dikatakan dulu bahwa Depok ini adalah kota intoleran, tapi ternyata setelah di dalami, di luar dugaan kita. Luar biasa," tuturnya.

Untuk lebih meningkatkan dan menjaga toleransi di Kota Depok, lanjut Badrudin, dirinya bersama M Sinaga, Romo Dwi dan dari semua agama dengan bimbingan oleh Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy, dibentuklah Formula.

"Kami perwakilan lintas agama bersama pak Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy merupakan pendiri Formula," kata mantan Ketua GP Ansor Kota Depok ini.

Pastor Paroki Gereja Santo Paulus Depok Alforinus Gregorius Pontus, usai menyaksikan penampilan paduan suara cilik Santo Paulus atau Saint Paul Children Choir (SPCC), dia dengan bangga memperkenalkan mereka kepada para tamu undangan yang hadir dari FKUB dan FKKUKD. Dalam sambutannya Pastor Alforinus menitipkan masa depan anak-anak SPCC kepada para tamu undangan akan masa depan yang lebih baik.

"Sengeja saya berdiri di depan ini, supaya kita bisa melihat masa depan. Ketika kita melihat anak-anak kita melihat masa depan, akan satu dunia yang lebih baik, satu dunia yang lebih dalam," kata Pastor Alforinus Gregorius Pontus, OFM, disambut audiens dengan tepuk tangan.

Pada kesempatan ini juga, Pastor yang akrab disapa Pater Goris itu tak lupa mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan kerjasama FKUB dan FKKUKD selama 3 tahun dirinya memimpin Paroki Santo Paulus Depok. Sebab, mulai Senin 20 Januari 2020, Pastor yang akrab disapa Pater Goris ini akan menjabat di tempat penugasan baru yakni di Paroki Gereja Hati Kudus, Kramat Jakarta Pusat.

"Terima kasih atas kerjasama kita selama 3 tahun ini, karena saya besok hari Senin akan meninggal Depok dan menempati tempat yang baru di Jakarta. Dan saya titipkan umat Katolik kepada saudara dan sahabat saya sekalian," ucapnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna berpesan kepada generasi muda umat Kristiani di Kota Depok untuk meningkatkan kebersamaan dan memberikan kontribusi yang terbaik untuk Kota Depok. Pradi juga meminta kepada generasi muda untuk meningkatkan kompetensi demi masa depan yang lebih baik.

"Prinsipnya, dari kita untuk kita dan berikan yang terbaik untuk Kota Depok yang kita cintai. Dan terutama yang muda,muda tingkatkan kompetensi anda, demi masa depan yang lebih baik," ungkap Pradi.

Turut hadir diantaranya Wenas, Masudi dari Gusdurian Bandung, Habib Riza, Kasat Narkoba Polres Metro Depok Kompol Indra Tarigan, Kabid Penanggulangan Bencana Denny Romulo Hutauruk. (RL)

  • Tentang Penulis

    Rido Lingga, S.Kom

    Jurnalis Radio Republik Indonesia | RRI Jakarta | email: lin99a@gmail.com

  • Tentang Editor

    Rido Lingga, S.Kom

    Jurnalis Radio Republik Indonesia | RRI Jakarta | email: lin99a@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00