• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nama & Peristiwa

Kata 'Milenial' Dipilih Sebagai Kata Tahun Ini (KTI) Pada Tahun 2019

6 January
16:34 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud RI menetapkan kata 'Milenial’ terpilih menjadi Kata Tahun Ini (KTI) di 2019. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Dadang Sunendar saat konprensi Perss di kantor Kemendikbud RI, hari ini, Senin (6/1/2020).

Kata Milenial memiliki makna berkaitan dengan milenium, dan makna yang berkaitan dengan generasi yang lahir di antara tahun 1980-an dan 2000-an.

“Kamus Besar Bahasa Indonesia yang dari kami menetapkan kata milineal ini dengan dua pendekatan yaitu pendekatan dengan hitungan data statistik yang ada di KBBI,” jelasnya.

Menurut Dadang Sunendar, data yang dihimpun berdasarkan perhitungan secara kualitatif sepanjang tahun menurut Google Trends. Dengan jumlah pencarian sejumlah 19.834 pencarian oleh masyarakat per tanggal 30 Desember 2019 pukul 12.58 jadi sehari sebelum tahun baru.

Penetapan kata Milenial lanjut Dadang Sunendar dipertimbangkan dengan beberapa kriteria; 1. Kata milenial merupakan salah satu kata yang masuk dalam pencarian kata terpopuler sepanjang tahun dalam kamus KBBI.
2. Kata milenial merupakan kata yang digunakan sepanjang tahun dari Google Trends dengan jumlah penggunaan tertinggi di bulan Maret 2019.
3. Kata milenial menandai berbagai peristiwa.
4. Kata milenial digunakan oleh berbagai kalangan, dari pejabat hingga masyarakat umum.
5. Kata milenial memiliki keluasan distribusi bidang yang merata di seluruh Indonesia.

"Dalam konteks wilayah penggunaannya, kata milenial digunakan di hampir seluruh kota di Indonesia. Dengan penggunaan tertinggi di Kota Depok, Yogyakarta, Banjarmasin, Malang dan Padang", ungkapnya.

Jadi secara umum kata 'milenial' digunakan bukan hanya oleh anak muda saja, tapi para orangtua juga mulai menggunakan kata-kata milenial.

"Saya simpulkan di sini bawa kata milenial merupakan kata yang tepat untuk dijadikan sebagai kata tahun ini pada tahun 2019,” tandasnya.

Selain itu, lanjut Dadang Sunendar kata milenial juga banyak digunakan dalam berbagai laman pemerintahan yang memiliki domain go.id. Terpantau sepanjang tahun 2019, laman pemerintahan seperti Kemenkominfo, Bank Indonesia, Kementerian BUMN, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan Komisi Penyiaran Indonesia. (IRV)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00