• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Metropolitan

Launching Buku Kinerja Bawaslu DKI, Referensi Untuk Penyempurnaan Pemilu

19 December
23:19 2019
1 Votes (5)

KBRN, Jakkarta: Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) DKI Jakarta melaunching Buku Kinerja Pengawas dan Evaluasi Kinerja Pengawasan Pemilu, dengan tema "Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu". Kegiatan itu diksanakan di Hotel Luminor Jakarta Utara, hari ini, Kamis (19/12/2019)

Ketua Bawaslu DKI Jakarta Muhammad Jufri dalam sambutannya pada pembukaan acara itu mengatakan/ buku yang di launching merupakan buku kinerja atau aktivitas yang dilakukan Bawaslu DKI Jakarta selama pemilu 2019. Dia menyebutkan ada dua judul buku yang di launching yakni buku berjudul Mengenal Demokrasi Menegakkan Konstitusi dan buku berjudul Bingkai Pemilu.

Jufri menyatakan buku ini akan menjadi reperensi bagi bawaslu DKI, KPU DKI dan masyarakat DKI Jakarta.

"Isi dari buku tersebut juga terkait tentang tahapan penindakan pelanggaran pemilu 2019", ucapnya.

Jufri lebih lanjut mengungkapkan sejak berdirinya Bawaslu DKI Jakarta telah menerbitkan 3 buku.

"Pada pemilu 2014 satu buku diterbitkan tentang Pengawasan Partisipatif dengan tema Implementasi pengawasan partisipatif. Pada Pemilu 2019 menerbitkan 2 buku tentang dengan tema Kinerja Pengawasaan Pemilu.

"Dalam hal ini kami melakukan penyusunan buku, dan dirangkum sehingga nantinya bisa menjadi evaluasi", ujarnya.

Dalam buku ini jelas Jufri, terdapat tahapan tahapan apa apa yang sudah dilakukan Bawaslu dan KPU pada pemilu kemarin. Ini juga menjadi buku bunga rampai yang akan dibagikan nanti.

“Dalam Pemilu 2014 Bawaslu menerbitkan buku pengawasan partisipatif saja. Semua tergantung adanya anggaran yang tersedia. 2017 Bawaslu hanya fokus pada Jurnal Bawaslu,”ungkapnya.

Menurut Jufri, Bawaslu sekarang ini bisa menorehkan sejarah kepemiluan ke dalam buku yang bisa dibaca oleh publik, apa saja yang dilakukan dalam pengawasan Pemilu.

"Minggu depan juga kami akan melaunching sejarah Bawaslu, latar belakang dan Kiprah Bawaslu pada Pemilu 2014, Pilkada 2017 dan Pemilu 2019", tandasnya. (IRV)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00