• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Seputar Kota

Ribuan Anggota KOBAGAS Antusias Dapatkan Manfaat Perlindungan Dari BPJAMSOSTEK

17 December
15:28 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta: BPJAMSOSTEK Kantor Wilayah DKI Jakarta menyelenggarakan kegiatan sosialisasi dan edukasi program jaminan sosial ketenagakerjaan kepada komunitas supir bajaj berbahan bakar gas (KOBAGAS).

Kegiatan sosialisasi dan edukasi itu digelar di lapangan gerbang Carnaval Ancol, Jakarta Utara, hari ini Selasa (17/12/2019).

Deputi Direktur BPJAMSOSTEK Wilayah DKI Jakarta, Cotta Sembiring kepada wartawan menjelaskan kegiatan ini merupakan salah satu upaya dalam percepatan perlindungan secara menyeluruh kepada tenaga kerja (universal coverage) serta mendukung program Agressive Growth yang telah dicanangkan di tahun 2019 ini.

"Kegiatan ini hasil kolaborasi dengan Perusahaan Gas Negara, selaku pembina Komunitas Bajaj berbahan Bakar Gas (KOBAGAS) dan saat ini terdapat kurang lebih 13.000 anggota kobagas di Jakarta", ucapnya.

Selain mengakuisisi pengemudi bajaj, kegiatan itu juga diwarnai dengan penyerahan santunan klaim JKM dan JKK kepada ahli waris peserta yang meninggal dunia. juga dilakukan stikerisasi kendaraan bajaj dan pembagian kaos serta topi kepada sekitar 1.000 pengemudi bajaj gas yang hadir pada acara itu", ungkapnya.

Disisi lain, Cotta Sembiring mengungkapkan, BPJAMSOSTEK tidak henti-hentinya melakukan peningkatan manfaat kepada peserta, salah satunya dengan terbitnya PP 82 tahun 2019 hasil revisi dari PP 44 tahun 2015 tentang penyelenggaraan program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

"Dalam regulasi PP 82 tahun 2019 tersebut telah ditetapkan peningkatan manfaat hampir 2 kali lipat dengan tanpa menaikkan iuran. Kalau selama ini santunan kematian itu Rp24 juta kini dinaikkan menjadi Rp42 juta. Selain itu, beasiswa dari 1 anak menjadi 2 anak, dari pendidikan tingkat SD sampai jenjang kuliah dan peningkatan-peningkatan manfaat lainnya", paparnya.

Sementara itu Kepala Kantor Cabang BPJAMSOSTEK Jakarta Kebon Sirih, Tonny WK mengatakan terdapat kurang lebih 13.000 anggota KOBAGAS dijakarta, dan yang sudah terlindungi program BPJAMSOSTEK Jakarta Kebon Sirih sebanyak 1.000 tenaga kerja.

"Dengan terdaftarnya anggota KOBAGAS ini diharapkan nantinya akan disusul oleh seluruh perusahaan-perusahaan transportasi di Jakarta untuk mendaftarkan diri menjadi peserta BPJAMSOSTEK", harapnya.

Ikut hadir dalam acara tersebut Kepala Bidang Pengawasan
Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DKI Jakarta, Khadik dan beberapa pimpinan perwakilan dari Perusahaan Gas Negara. (IRV)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00