• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Layanan Publik

RSUD Depok Sabet Akreditasi Nasional dan Internasional

19 November
21:15 2019
0 Votes (0)

KBRN, Depok: Wali Kota Depok Idris Abdul Somad menyerahkan sertifikat Kelulusan Akreditasi Paripurna Bintang Lima kepada Direktur Utama RSUD Sawangan Kota Depok Drg Asloeah Madjri di Lapangan Balaikota Depok, Selasa (19/11/2019).

Ya, RSUD Sawangan Kota Depok baru saja terakreditasi paripurna bintang lima dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS). Artinya, RSUD Sawangan sudah terakreditasi rumah sakit nya, sesuai standard nasional akreditasi rumah sakit.

Dirut RSUD Sawangan Drg Asloeah Madjri menjelaskan, rumah sakit yang mendapatkan akreditasi paripurna bintang lima adalah rumah sakit yang patuh terhadap perundang-undangan. Sehingga Akreditasi paripurna bintang lima, merupakan penghargaan bergengsi yang dapat diterima sebuah rumah sakit.

"Itu udah top markotop. Karena jarang itu rumah sakit yang bisa mendapatkan akreditasi itu. Itu yang perlu dicatat," ujar Drg Asloeah bangga kepada RRI, di RSUD Sawangan, Kota Depok.

Bukan tanpa usaha, wanita yang akrab disapa dokter Lulu itu mengatakan, upaya yang mereka lakukan untuk meraih akreditasi paripurna bintang lima tidak lah mudah. Perlu komitmen tinnggi dari pimpinan, konsistensi dan sinergi dengan bawahan untuk meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien.

"Kerja itu ada SOP nya, ada aturannya dalam meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien. Itu intinya. Kemudian di survey oleh KARS, RSUD layak, lulus dengan bintang lima, udah top nya," katanya.

Se-Jawa Barat baru 3 RSUD yang mendapat Kelulusan Akreditasi Paripurna Bintang Lima yaitu RSUD Cilengsi, RSUD Sumedang dan RSUD Depok.

Sebelumnya, pada 11-12 November 2019, RSUD Sawangan Kota Depok telah di audit eksternal oleh DAS Certification. untuk mengintegrasikan tiga sertifikat internasional.

Ketiga sertifikat itu adalah ISO 9001:2015 untuk mutu dan kualitas pelayanan, ISO 14001:2015 terkait lingkungan, serta ISO 4501:2018 tentang persyaratan atau pedoman untuk sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja (SMK3).

"Oleh auditor eksternal, ternyata sistem di RSUD Depok itu cocok dengan standard internasionalnya. Akhirnya kita dapat lagi, 3 ISO diatas," ungkap Lulu.

Lulu menyebutkan, tiga sertifikat internasional tersebut akan diintegrasikan menjadi satu kesatuan atau yang dikenal dengan Sistem Manajamen Integrasi (SMI) Mutu Lingkungan Keselamatan Kerja (MLK3).

"Ini artinya RSUD Sawangan Kota Depok sudah mendapatkan standard nasional dan internasional," imbuhnya.

Atas prestasi ini, Dirut RSUD Sawangan Kota Depok pun mendapat pujian dari Ketua Dewan Kesehatan (DKR) Kota Depok Roy Pangharapan. Dia berharap dengan raihan akreditasi nasional dan internasional ini, pelayanan RSUD Depok semakin baik dan bisa di andalkan kedepannya.

Dia pun berharap, segenap jajaran RSUD Depok terus bekerja kerja, berinovasi dalam meningkatkan pelayanannya kepada warga Depok. Agar bisa segera naik kelas menjadi rumah sakit type B yang makin komplit.

"Agar RSUD Depok selain bagus mutu pelayanan dan alat kesehatannya, juga memiliki kapasitas daya tampung rawat inap lebih banyak kedepannya," kata Roy. (RL)

  • Tentang Penulis

    Rido Lingga, S.Kom

    Jurnalis Radio Republik Indonesia | RRI Jakarta | email: lin99a@gmail.com

  • Tentang Editor

    Rido Lingga, S.Kom

    Jurnalis Radio Republik Indonesia | RRI Jakarta | email: lin99a@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00