• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Layanan Publik

Hindari PHK, BPJAMSOSTEK Kanwil DKI Jakarta Sosialisasi Program Return to Work

19 November
12:00 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta: Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Kantor Wilayah DKI Jakarta menyelenggarakan sosialisasi program BPJAMSOSTEK yakni JKK-RTW (Return to Work), sekaligus memberikan motivasi dan bersilaturrahmi kepada peserta Return to Work.

Kegiatan sosialisasi itu digelar di Hotel Swissotel Jakarta, hari ini Selasa, (19/11/2019).

Kegiatan sosialisasi ini dibuka secara langsung oleh Direktur Pelayanan BPJAMSOSTEK, Krishna Syarif.

Krishna Syarif menjelaskan program Return to Work (Program Kembali Bekerja) merupakan manfaat tambahan dari Program JKK (Jaminan Kecelakaan Kerja) yang diwujudkan dalam bentuk pendampingan bagi peserta yang mengalami musibah kecelakaan kerja yang mengakibatkan cacat atau berpotensi cacat.

Pada kesempatan itu, Deputi Direktur BPJAMSOSTEK Wilayah DKI Jakarta Cotta Sembiring menambahkan, sesuai regulasi yang telah ditetapkan Pemerintah bahwa BPJAMSOSTEK selaku Badan Penyelenggara diamanatkan untuk dapat memberikan pelayanan dan pengobatan kepada peserta yang mengalami kecelakaan kerja sampai mereka dapat bekerja kembali.

Cotta Sembiring lebih lanjut mengungkapkan bahwa sejak ditetapkannya PP 44 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian, terdapat perubahan manfaat JKK yaitu biaya pengobatan korban kecelakaan kerja menjadi Unlimited sesuai dengan indikasi medis.

Selain itu, lanjut Cotta Sembiring pendampingan juga di lakukan oleh tenaga Case Manager BPJAMSOSTEK di setiap PLKK (Pusat Layanan Kecelakaan Kerja) yang bekerjasama dengan BPJAMSOSTEK hingga pembekalan mental dan keterampilan.

"Sehingga mereka (pekerja disable) bisa bekerja kembali di perusahaan awal tempatnya bekerja dan tidak terjadi Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) karena ketidak mampuan bekerja", paparnya.

Cotta Sembiring percaya dengan adanya program Return to Work dan pola pembiayaan yang unlimited, peserta dan perusahaan dapat lebih merasakan wujud nyata manfaat dari salah satu program Jaminan Kecelakaan Kerja.

"Jadi perusahaan jangan ragu untuk melaporkan kecelakaan yang terjadi dan menggunakan Pusat Layanan Kecelakaan Kerja yang bekerja sama dengan kami yang telah tersebar di seluruh Indonesia", tegasnya.

Cotta Sembiring menandaskan program Return to Work ini berjalan semakin aktif, sebagai wujud nyata peningkatan pelayanan kepada pekerja yang mengalami cacat akibat kecelakaan kerja.

"BPJAMSOSTEK Kantor Wilayah DKI Jakarta berkomitmen memberikan pelayanan berupa pendampingan, hingga pembekalan mental dan keterampilan bekerja bagi pekerja yang mengalami disabilitas akibat kecelakaan kerja", ujarnya.

Cotta Sembiring menyebutkan hingga saat ini BPJAMSOSTEK Kanwil DKI Jakarta telah melakukan kerjasama dengan Mitra Kerja Pelayanan Program JKK-RTW sebanyak 616 Pusat Layanan Kecelakaan Kerja (PLKK). (IRV)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00