• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nama & Peristiwa

Berprestasi di Internasional, Federasi Wing Chun Indonesia Harap Bisa Bertemu Jokowi

13 November
21:17 2019
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta: Federasi Wing Chun Indonesia kembali akan mengikuti kejuaraan dunia di Hongkong. Sebanyak 37 orang, 32 diantaranya merupakan atlet dan 5 orang lainnya adalah official akan berangkat ke Hongkong untuk mengikuti kejuaraan dunia di Hongkong pada Sabtu (16/11/2019) mendatang.

Ketua Umum Federasi Wing Chun Indonesia, Martin Kusuma, menyatakan pihaknya sudah melakukan persiapan maksimal untuk menghadapi kejuaraan dunia tahun ini yang diselenggarakan oleh organisasi Wing Chun dunia, Ving Tsun Athletic Association (VTAA).

“Tahapan kita mulai dari kejurnas penjaringan atlet untuk kejuaraan dunia tahun ini. Jadi atlet yang juara 1, 2, 3 kejurnas itu kita seleksi lagi melalui seleknas, nah inilah hasil seleksinya yang akan diberangkatkan ke Hongkong,” ujarnya dalam acara pelepasan Tim Nasional Wing Chun Indonesia ke kejuaraan dunia di Hongkong, yang berlangsung di kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat, Rabu (13/11/2019).

Menurutnya, Tim Nasional Wing Chun Indonesia akan mengikuti kategori taolu (form) dan chi sao (tarung). Ia pun mengaku optimis Tim Nasional Wing Chun Indonesia bisa dapat 9 emas.

“Pesaing terberatnya pasti Hongkong dan China, tapi yang terakhir itu Singapura sudah mulai dapat emas tapi baru satu. Memang sistem kita yang bikin kita bagus, regenerasi kita di bawah, turnamen nasional kejurda kita seleksi ke atas juga bagus,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Martin juga berharap Federasi Wing Chun Indonesia bisa segera bergabung dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

“Syarat untuk menjadi anggota KONI sebenarnya nggak ada halangan, mulai dari induk organisasi sudah ada, punya penyebaran 10 provinsi, nah kita justru sudah 22 provinsi, lalu kita sudah juara umum di level dunia,” ungkapnya.

Bahkan, lanjutnya, Wing Chun Indonesia telah dua kali berhasil menjadi juara umum dalam kejuaraan dunia di Hongkong, yakni pada tahun 2016 dan 2017. “Kami yakin tahun ini kami bisa kembali juara umum. Dan kami harap prestasi itu akan membuat kami bertemu dengan Presiden Joko Widodo,” pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00