• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Metropolitan

Kalsel Juara Umum Kejurnas Kwarnus Cup dan Piala Anton Lesiangi I 2019

11 November
07:42 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Tim Karate Provinsi Kalimantan Selatan tampil sebagai juara umum ajang bersejarah kejuaraan karate tingkat nasional Kwarnus Cup dan Piala Anton Lesiangi I 2019 yang berlangsung 8 hingga 10 November di Sport Hall UPI. Sesuai titelnya, kejuaraan yang diselenggarakan oleh Perguruan Besar Lembaga Karate Do Indonesia (PB Lemkari) ini memang didedikasikan untuk menghormati sang pendiri PB Lemkari, Anton Lesiangi.

Tim Bumi Lambung Mangkurat yang didukung penuh oleh sang Gubernur Sahbirin Noor berhasil menempati peringkat teratas pada klasemen akhir perolehan medali dengan meraih 18 emas, 10 perak dan 4 perunggu. Diikuti Jawa Timur di peringkat kedua dengan 17 emas, 16 perak dan 19 perunggu dan Jawa Barat di uruta n ketiga dengan 5 emas, 13 perak dan 36 perunggu. Sementara Jawa Tengah yang mengoleksi 4 emas, 2 perak dan 2 perunggu bersama Lampung yang meraih 3 emas, 6 perak dan 16 perunggu harus puas menempati peringkat empat dan lima dari total 22 Pengprov Lemkari yang mengikuti ajang ini.

Tak mau kalah dengan Kalsel, Tim Karate Jawa Timur mendominasi kategori best of the best. Dari empat kategori yang dipertandingkan, Tim Karate Jawa Timur berhasil merebut gelar juara di tiga kategori. Para karateka Jatim yang tampil menjadi kampiun kategori best of the best adalah Ernest Michael Welan (16 tahun), Pitra Nabila (16 tahun) dan Hasirul Anta Wiraga (20 tahun). Karateka dari Kalsel Bianca Rahayu (18 tahun) menjadi satu-satunya karateka yang berhasil menerobos dominasi Jatim dan menjadi juara kategori best of the best. 

Kebangkitan PB Lemkari

Event yang mempertandingkan 68 kelas nomor kata dan kumite perorangan putra-putri pada tujuh kategori yaitu pra usia dini,usia dini, pra pemula, pemula, junior, kadet dan senior ini resmi ditutup oleh Sekretaris Jenderal Perguruan Besar Lembaga Karate Do Indonesia (PB Lemkari), Rosi Nurasjati mewakili Ketua Umum, Jeanni Monoarfa, di Sport Hall UPI Bandung, Minggu (10/11).

Dalam sambutannya Rosi mengaku bersyukur karena event yang didedikasikan untuk Anton Lesiangi, sang pendiri PB Lemkari dapat terselenggara dan sukses. Dikatakan, event bersejarah ini harus menjadi momentum kebangkitan PB Lemkari seperti di era 80-an dan 90-an. 

"PB Lemkari yang didirikan oleh Saiko Shihan Anton Lesiangi pada 1970 adalah salah satu perguruan karate terbaik dan terbesar di Indonesia. Lemkari banyak melahirkan atlet-atlet hebat seperti Anneke Mantiri, Saleh Alhabsy dan lain-lain yang pernah mengharumkan nama Indonesia di gelanggang karate dunia. Sekarang tugas kalian untuk meneruskan jejak gemilang PB Lemkari. Masa depan PB Lemkari ada di tangan kalian" kata Rosi yang juga salah satu legenda karate Indonesia yang pernah dua kali berturut-turut menjadi juara Asia. 

"Jadi teruslah berlatih dengan tekun. Dan satu hal yang harus kalian ingat, kalian harus menghormati senior dan guru kalian. Tanamkan dalam diri kalian sikap respek atau sikap hormat kepada senior dan guru. Insha Allah kelak kalian akan menjadi atlet yang hebat dan membanggakan Indonesia," pungkas Rosi.

Lebih Serius

Dalam temu pers usai seremoni penutupan Rosi mengatakan ke depan PB Lemkari akan lebih serius dalam pembinaan. 

"Insha Allah, PB Lemkari tidak akan putus untuk membina atlet. Pembinaan itu harus triple track progress yaitu perwasitan, atlet dan administrator. Agar dapat menyelenggarakan kegiatan dengan baik dan berkualitas harus ditangani administrator profesional," tuturnya. 

"Nah kami baru memulai satu-persatu. Tahun lalu kita bikin penataran pelatih satu minggu. Insha Allah kita akan bikin penataran wasit juri selama satu minggu juga. Karena kalau penataran hanya dua-tiga hari, tidak akan dapat apa-apa," tambahnya. 

Tak lupa, Rosi mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya kejuaraan karate tingkat nasional Kwarnus Cup dan Piala Anton Lesiangi I 2019.

"Terimakasih kepada Kemenpora dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dalam hal ini Gubernur Sahbirin Noor. Juga kepada Bank Kalsel, kemudian perusahaan martial art Senkaindo serta Bahagia Express. Dan spesial thank you very much kepada teman-teman tim Kwartet Nusantara yang sudah menginisiasi event ini," ujar Rosi.

Rosi menambahkan PB Lemkari berkomitmen untuk dapat  menggelar kejuaraan Piala Anton Lesiangi secara berkesinambungan. Sejauh ini, Kalimantan Selatan telah menyatakan kesiapannya untuk menjadi tuan rumah penyelenggara Piala Anton Lesiangi II 2020.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00