• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Seputar Kota

Ide Startup Mahasiswa UBSI Jadi Finalis Pitch Deck di Talkshow Inovasi Ristekdikti

28 October
10:14 2019
0 Votes (0)

KBRN, Pontianak : Aplikasi Plans In The Box (PIX App) yakni ide aplikasi dari kelompok mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) kampus Pontianak berhasil lolos ketahap Pitch Deck atau tahap presentasi didepan perwakilan Ristekdikti, Fondasi Nasional, insvestor dan Nazmi Fathnur Ahmad (Dosen Institut Teknologi Bandung) pada Talkshow Inovasi Ristekdikti.

Acara yang bertemakan ‘Talkshow Penguatan Inovasi dan Workshop Pembuatan Pitch Deck Bersama Fondasi Nasional’ ini diselenggarakan di Hotel Aston Pontianak pada 23 – 24 Oktober 2019 lalu.

Kegiatan diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Nasional (Kemenristekdikti) bekerjasama dengan Forum Pendanaan Inovasi Nasional (Fondasi Nasional).

“Alhamdulillah kami menjadi salah satu kelmpok dari total enam kelompok yang berhasil maju ke tahap presentasi mengenai inovasi yang kami miliki dari 20 tim yang mengirimkan inovasinya untuk di nilai oleh juri,” jelas Zia perwakilan dari kelompok mahasiswa UBSI Kampus Pontianak, melalui rilis yang diterima RRI, Senin (28/10/2019).

Saya bersama keempat teman saya lainnya, yakni Adity Wahyudi, Iffra Zifaldi, Nunung Awaliyah, Teja Sukmana merancang PIX App ini.

“Aplikasi  ini berfungsi untuk membantu seseorang agar dapat mengontrol tanaman hidroponik dari jarak jauh, seperti penjadwalan tanaman, pengukuran kadar  nutrisi, hidup dan mati lampu. Selain itu PIX App juga mempunyai buku petunjuk tetang tata cara penanaman hidroponik yang baik,” tambah Zia.

Zia pun mengungkapkan bahwa acara ini juga di isi dengan wokshop dan seminar yang menghadirkan empat narasumber antara lain Ridho Briliantoro (Founder & CEO Pontinesia), M Hafiz Waliyuddin (Founder Angkuts), Adi Warna (Founder Abang Desa) dan Feriyanto Mohi (Co-Founder & CEO Indoform).

“Materi yang diampaikan  oleh narasumer berupa cara mengelola ide startup, cara membangun startup, cara mengembangkan startup, dan cara mendapatkan pendanaan dalam membangun startup,” ungkap Zia.

Zia pun mengungkapkan rasa syukurnya karena bisa sampai ketahap presentasi dan dirinya berharap startup yang di rintis saat ini dapat berkembang dan memberikan manfaat bagi masyarakat.

Windi Irmayani selaku dosen UBSI Kampus Pontianak yang juga pembimbing kelompok mahasiswa yang merintis PIX App mengungkapkan rasa bangganya atas terpilihnya aplikasi PIX App sampai tahap presentasi di depan para ahli dibidang startup.

“Saya harap mereka dapat menyerap materi selama kegiatan workshop dan talkshow tersebut untuk memperkaya pengetahuan mereka tentang startup dan dapat mengembangkan startup yang mereka rintis,” tutup Windi.

Asep Selaku ketua BSI Innovation Center (BIC) juga turut senang mengetahui ide inovasi yang dari mahasiwa UBSI Kampus Pontianak berhasil mempresentasikan inovasi mereka di Talkshow Inovasi Ristekdikti.

“Dan semoga inovasi dari kelompok mahasiswa UBSI kampus Pontianak ini dapat lulus penilaian oleh juri dan berhasil mendapat pendanaan inovasi Ristekdikti,” tutup Asep.

  • Tentang Penulis

    Erik Hamzah, SH

    Reporter RRI Jakarta. email : erik.hamzah@gmail.com

  • Tentang Editor

    Erik Hamzah, SH

    Reporter RRI Jakarta. email : erik.hamzah@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00