• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Seputar Kota

Taklimat Media ‘Bulan Bahasa Dan Sastra 2019’

24 October
20:59 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta: Bulan bahasa dan sastra (BBS) merupakan kegiatan kebahasaan dan kesastraan yang secara rutin dilaksanakan sejak 1980 pada setiap bulan Oktober sebagai bulan lahirnya Sumpah Pemuda. Salah satu ikrar Sumpah Pemuda yang berbunyi menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia menandakan an bahwa bahasa Indonesia merupakan bahasa pemersatu bangsa Indonesia Oleh karena itu hari sumpah pemuda merupakan hari lahirnya bahasa Indonesia. 

“BBS yang diselenggarakan setiap tahun merupakan salah satu upaya Badan Pengembangan Bahasa Dan Perbukuan Kemendikbud RI untuk Membina dan mengembangkan bahasa dan sastra Indonesia. Selain itu kegiatan tersebut juga dimaksudkan untuk memelihara semangat dan meningkatkan peran serta masyarakat luas dalam menangani masalah bahasa dan sastra”, kata Kepala Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Dadag Sunendar pada acara Taklimat Media Bulan Bahasa dan sastra di gedung C Kemendikbud RI, Kamis (24/10/2019). 

Dadang mengungkapkan berbagai kegiatan kebahasaan dan kesastraan diselenggarakan untuk meramaikan BBS 2019. Rangkaian kegiatan pendukung tersebut merupakan ajang berkarya atau berekspresi, ajang peningkatan kualitas berbahasa Indonesia dan ajang perlombaan bagi masyarakat. 

Kegiatan pendukung BPS 2019 yang dilaksanakan oleh Badan Pengembangan Bahasa Dan Perbukuan antara lain antara lain; - Simulasi dan layanan kebahasaan. kegiatan ini diikuti oleh siswa SMP MTS dan SMA SMK Ma DKI dan sekitarnya. - Pameran kebahasaan dan kesastraan. Dalam pameran tersebut ditampilkan produk-produk badan pengembangan bahasa dan perbukuan. - zona literasi. Kegiatan ini diikuti oleh siswa PAUD dan siswa kelas awal SD serta orang tua guru dan masyarakat umum dari Jakarta dan sekitarnya. - Penilaian penggunaan bahasa media massa cetak. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan penghargaan kepada media massa yang secara konsisten menggunakan bahasa indonesia secara baik dan benar. - Debat bahasa antar mahasiswa se-Jabodetabek kegiatan. - Seminar pemartabatan Bahasa negara di lingkungan dharma wanita persatuan pusat. - Lomba mendongeng bagi penyandang disabiliitas netra. -  Festival siap cara tradisi. - Bedah buku Chairil karya Hasan aspahani. - Kuis Pelita bahasa dan sastra. - Bincang-bincang 1 dasawarsa undang-undang nomor 24 tahun 2009 tentang Bendera bahasa dan lambang negara serta lagu kebangsaan.  - Forum diskusi media massa. -  Festival film pendek berbahasa daerah.  

Dadang lebih lanjut mengungkapkan rangkaian kegiatan tersebut diakhiri dengan puncak bulan bahasa dan sastra pada tanggal 28 Oktober 29 2019.  Dalam acara tersebut akan dilaksanakan antara lain pengumuman hasil kegiatan penyerahan penghargaan dan pementasan seni budaya atau persembahan karya kreatif kebahasaan dan kesastraan.  

“Selain itu dalam acara tersebut juga akan diluncurkan produk-produk badan pengembangan bahasa dan perbukuan yang meliputi kamus ASEAN, kamus vokasi, KBBI disnetra, buku seri penyuluhan,  buku sastrawan berkarya, bahan belajar bahasa asing, bahan diplomasi bahasa Indonesia bagi penutur asing (BIPA), buku gerakan literasi nasional (GLN) dan aplikasi layanan ahli bahasa,” paparnya. (IRV)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00