• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Metropolitan

KPI, segera tindaklanjuti Rekomendasi Siaran Free To Air Gratis di TV Parabola dan Kabel

17 October
08:51 2019
1 Votes (5)

KBRN,Jakarta- KPI telah mengeluarkan rekomendasi Rakornas bahwa siaran free to air Gratis di Lembaga Penyiaran Berlangganan (TV Parabola dan Kabel). Apa yang dilakukan KPI merupakan respon terhadap realitas yang telah berlangsung lama. TV parabola dan kabel telah membantu pemerintah dalam menyebarluaskan informasi kepada kelompok masyarakat di daerah perbatasan dan daerah terpencil, demikian dinyatakan Pakar Komunikasi Publik dan Pemerhati Media, Universitas Padjadjaran Bandung, Dr. Dadang Rahmat Hidayat, SH.Sos M.Si  di Jakarta, Rabu,16/10/2019.

“Apa yang dilakukan KPI dalam rakornas KPI di Samarinda pada tahun 2019, merupakan upaya mengoptimalkan share dari lembaga penyiaran free to air itu menjadi lebih tersebar di masyarakat. Lebih bisa dinikmati masyarakat, terutama daerah yang tidak ada coverage area dari lembaga penyiaran free to air tersebut. Sikap KPI ini sebetulnya memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mendapat informasi lebih besar lagi. Jadi ini adalah upaya untuk pemerataan informasi. Upaya KPI ini baik, ujarnya.

Dadang Rahmat Hidayat yang juga pernah menjabat Ketua KPI dan Ketua Ikatan  Sarjana Komunikasi Indonesia, menambahkan, “polemik yang terjadi antara TV Parabola dan Kabel dengan TV swasta free to air, seharusnya diselesaikan. agar menghasilkan jalan keluar yang solutif. Ada hal yang lebih besar dari semua itu, yaitu memberikan pelayanan dan kesempatan kepada masyarakat untuk mendapatkan informasi. Karena hak masyarakat untuk mendapat informasi di bidang penyiaran ini sebetulnya harus diperhatikan, ucapnya.

Dadang juga menghimbau kepada KPI dan Menkominfo sebagai regulator penyiaran agar segera menggelar dialog, untuk menyelesaikan problem ini. Menurutnya, “ masih terdapat beberapa wilayah perbatasan, daerah terpencil, yang merupakan bagian dari NKRI yang harus dilayani untuk mendapatkan informasi,  dan itu tugas negara, pemerintah, juga tugas lembaga penyiaran swasta. Sebagian tugas itu sudah dibantu oleh lembaga penyiaran berlangganan, tegasnya. 

Dadang juga menyarankan kepada KPI harus segera menindaklanjuti sikapnya di rakornas 2019, yang telah menyatakan bahwa siaran free to air gratis di lembaga penyiaran berlangganan, “apakah membuat keputusan KPI, atau melakukan fasilitasi dan dialog, agar KPI menjadi bagian dari solusi bagi pihak pihak yang berbeda kepentingannya dan posisinya dapat dipertemukan, sarannya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00