• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Metropolitan

NU Channel dukung: Lembaga Penyiaran Berlangganan, Jangan sampai anak anak perbatasan lebih hafal lagu kebangsaan negara lain

16 October
21:20 2019
1 Votes (5)

KBRN,Jakarta, - Keputusan KPI dalam rakornas KPI yang menetapkan bahwa siaran free to air gratis di lembaga penyiaran berlangganan di apresiasi publik dan  oleh NU Channel.  Hal tersebut diungkapkan Direktur NU Chanel (PBNU) H. Rohmat Faisol SH MH, di Jakarta, 26/10/2019.

Rohmat Faisol  menyatakan, “sikap KPI dalam Rakornas KPI, sangat patut diacungi jempol dan semoga bisa membantu menyelesaikan masalah pemerataan informasi bagi umat dan seluruh rakyat Indonesia, khusus nya mereka yang tinggal di perbatasan, jangan sampai anak-anak kita nanti lebih hafal lagu kebangsaan negara tetangga dari pada lagu Indonesia Raya”, ujarnya 

Menurutnya, Masyarakat di wilayah perbatasan RI masih banyak yang belum terpapar siaran tv swasta free to air. Karena tv tv swasta banyak yang belum membangun stasiun pemancar terestrial di wilayah ini. Masyarakat yang tinggal di wilayah ini hanya bisa mengakses tv swasta free to air melalui TV Parabola dan Kabel.

Lebih lanjut, Faisol mengutarakan, bahwa NU Channel sangat mendukung langkah KPI dalam menentukan kebijakan ini dan diharapkan seluruh elemen masyarakat akan mendukung hal ini, “ini kan hal yang baik, saya kira hanya mereka yang tidak peduli dengan Indonesia yang tidak mendukung hal ini” pungkas Faisol.

Sebelumnya, akademisi berbagai perguruan tinggi negeri telah mendukung kebijakan KPI ini. Prof.Dr.Alo Liliweri. M.S, Guru Besar Ilmu Komunikasi Universitas Nusa Cendana (UNDANA) Kupang, sangat setuju dengan kebijakan dan sikap KPI ini, menurutnya melalui kebijakan ini “masyarakat di daerah diuntungkan, mereka bisa menikmati siaran hiburan, pendidikan, informasi yang sangat murah sehingga mereka akan tahu semua yang disiarkan, terutama untuk masyarakat pedesaan dan di perbatasan negara RI,”ucap Prof .Dr.Alo Liliweri.

Senada, Pakar komunikasi Universitas Andalas (UNAND), Padang. Dr.Elva Ronaning Roem, S.Sos, M.Si menyatakan setuju dengan keputusan KPI di rakornas KPI pada April 2019, di Samarinda, yang menghasilkan kebijakan bahwa siaran  free to air gratis di lembaga penyiaran berlangganan, “dengan adanya program tersebut dapat membantu kepentingan masyarakat di wilayah ekonomi kurang maju dan wilayah perbatasan untuk memperoleh informasi serta dapat memperluas bisnis mereka. Keputusan KPI ini sangat baik sekali dalam rangka menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) melalui penyiaran”, ujarnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00