• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Metropolitan

Ratusan Pelajar di Kecamatan Kebayoran Baru Kini Miliki KIA

19 September
17:12 2019
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta: Ratusan pelajar di Kecamatan Kebayoran Baru Jakarta Selatan, kini telah memiliki Kartu Identitas Anak (KIA). Penyerahan KIA ini, berlangsung dalam acara Sosialisasi Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA), di RPTRA Tunas Muda, hari ini, Kamis (19/9/2019).

Kepala Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Administrasi Jakarta Selatan Abdul Haris menuturkan, KIA merupakan identitas yang wajib dimiliki oleh pelajar baik SD ataupun SMP. Ada lima Sekolah Dasar yang siswanya mendapatkan KIA dalam kesempatan ini.

“SDN 07 Kramat Pela, SDN 09 Kramat Pela, SDN 01 Gunung, SDN 01 Cipete Utara, dan SDN 015 Cipete Utara,” ujarnya.

Abdul Haris merinci, dari ratusan KIA tersebut, 33 KIA diserahkan untuk SDN 07 Kramat Pela, 75 KIA untuk SDN 09 Kramat Pela, 150 KIA untuk SDN 01 Gunung, 99 KIA untuk SDN 01 Cipete Utara, dan 57 KIA untuk SDN 015 Cipete Utara.

“Pengambilan KIA ini diwakilkan oleh kepala sekolah masing-masing. Kita sudah kolaborasi dengan Sudin Pendidikan 1 dan 2, dan kita sudah minta kepada kasudin juga kadis untuk menyurati sekolah negeri ataupun swasta, agar mempersiapkan diri untuk pembuatan KIA dengan melampirkan dokumen sederhana seperti fotokopi KK, KTP-el dan akta kelahiran anaknya. Cukup dikolektif dari sekolah dan nanti petugas kita akan jemput berkas itu,” paparnya.

Kepala SDN 07 Kramat Pela Sri Utami yang menerima KIA untuk para siswanya, mengatakan bahwa KIA memberikan kenyamanan bagi pelajar dalam hal administrasi kependudukan. Hal positif pun diutarakan olehnya ketika berbicara mengenai koordinasi antara sekolah dengan seluruh pihak terkait dengan proses pembuatan KIA ini.

“Petugas Dukcapil ataupun dari kelurahan itu mempermudah, yang penting sekolah mengumpulkan persyaratannya, dan nanti dipilah-pilah sama sekolah, dan petugas mereka akan mengambilnya. Jadi sangat membantu,” pungkasnya.(IRV)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00