• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Layanan Publik

UU Nomor 5 Tahun 2017, Payung Hukum Pemajuan Kebudayaan Nasional

19 August
07:26 2019
0 Votes (0)

KBRN,JAKARTÀ :  Pengesahan Undang-Undang (UU) Nomor 5 Tahun 2017, tentang Pemajuan Kebudayaan membawa semangat baru dalam upaya pelindungan, pengembangan, pemanfaatan, dan pembinaan kebudayaan nasional. Disahkannya UU tersebut menjadi sebuah panduan (payung hukum) dalam upaya menjalankan amanat Pasal 32 ayat 1 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 untuk memajukan kebudayaan. 

Pasal 32 ayat 1 UUD 1945 berbunyi “Negara memajukan kebudayaan nasional Indonesia di tengah peradaban dunia dengan menjamin kebebasan masyarakat dalam memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budayanya”. Hal ini sejalan pula dengan amanat Presiden Republik Indonesia agar memberikan peran strategis bagi kebudayaan nasional dalam pembangunan. Terlebih sebagai negara adidaya di bidang kebudayaan, Indonesia berpotensi besar dalam mempengaruhi peradaban dunia. 

Agar cita-cita tersebut dapat tercapai, maka perlu diciptakan kesadaran dan rasa saling pengertian dalam berbudaya salah satunya melalui pendidikan yang berbasis pada kebudayaan di setiap aspek. Sehingga dengan hal tersebut, masyarakat Indonesia dapat terus percaya bahwa keanekaragaman budaya yang ada saat ini dapat terus hidup di masyarakat tanpa khawatir adanya pengaruh globalisasi dan kebudayaan Indonesia dapat mempengaruhi peradaban dunia.

Selain pendidikan tingkat dasar dan menengah serta pendidikan tinggi, lembaga-lembaga pendidikan pencetak pemimpin-pemimpin ditingkat nasional, seperti Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas), Sekolah Staf dan Komando (Sesko) TNI, serta Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Lemdiklat) Polri dianggap penting untuk menempatan nilai-nilai budaya sebagai konteks penguatan pendidikan di lembaga-lembaga tersebut.

Tugas utama pendidikan adalah berusaha mewariskan nilai -- nilai budaya tersebut, sesuai dengan potensi dan lingkungan pada individu dan masyarakat. Pendidikan harus terus menerus mengikuti perkembangan jaman teruslah menguatkan pendidikan memajukan kebudayaan Indonesia menjadi lebih maju dan tambah hebat dalam ikatan keindonesiaan.


Kebudayaan merupakan faktor penting dalam membangun kejayaan suatu bangsa. Melalui jalan kebudayaan, suatu bangsa mampu menghargai harkat dan martabat dirinya, sekaligus menghargai perjalanan sejarah yang telah dilampaui. Kemampuan menghormati dan menghargai kebudayaan sendiri, suatu bangsa akan mampu mempertahankan diri saat bergaul dengan bangsa-bangsa lain secara egaliter. Jalan kebudayaan adalah jalan yang siap membangun sikap, mental, dan kesadaran yang terfokus pada jati diri. Melalui jalan kebudayaan suatu bangsa akan mampu melakukan restropeksi dan rekonstruksi masa lalu demi tercapainya kehidupan masa kini untuk bergerak maju sesuai dengan yang dicita-citakan.(adn/ars)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00