• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Metropolitan

Pulau Terluar menjadi pilihan untuk merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia Kabupaten Kepulauan Seribu

16 August
06:08 2019
0 Votes (0)

KBRN,Jakarta_ Pulau Sabira,Pulau terluar dari Pulau_ pulau yang terdapat di Kepulauan Seribu akan menjadi pilihan untuk Pemerintah Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu melaksanakan upacara HUT RI Ke-74 di Pulau Sabira pada 17 Agustus Tahun 2019.


Bupati Kepulauan Seribu, Husein Murad mengatakan, dipilihnya Pulau  terjauh tersebut bertujuan untuk memberikan keyakinan kepada masyarakat Pulau Sabira dan masyarakat luar Pulau Sabira bahwa pulau tersebut bukan lagi pulau terpencil dan terasing, hal tersebut dibuktikan dengan terwujudnya mobilisasi peserta upacara sedikitnya 750 orang.


“Selain itu, untuk memberikan perlakuan yang sama dengan pulau-pulau lainnya, tidak ada keterasingan diantara gugusan kepulauan, justru yang ada adalah kolaborasi untuk kemajuan Kepulauan Seribu diliputi nilai-nilai kebersamaan, kekeluargaan dan kegotongroyongan,” ujar Bupati Di Jakarta,Kamis,15/08/2019


Husein menjelaskan, sebagai Negara kepulauan, Indonesia memiliki 17.504 jumlah pulau yang tersebar diseluruh nusantara. Sejumlah 110 pulau diantaranya ada di Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu. Dalam momentum HUT RI Ke 74 ini, Pemkab Kepulaun Seribu membuat gerakan masyarakat pulau seribu bangga maju pulaunya bahagia warganya.


Bupati menambahkan, dalam kegiatan selama dua hari yang dimulai dari Jumat 16 A hingga 17 Agustus 2019 tersebut terdapat lima rangkaian kegiatan yakni, Pengukuhan Paskibra, malam tasyakuran, hiburan rakyat, upacara bendara dan tabur bunga.


“Sedangkan personel yang akan dilibatkan diantaranya, seluruh ASN Kabupaten Kepulauan Seribu, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kabupaten, TNI/Polri, Lembaga Kemasyaratan dan Lembaga Pendidikan,” tambahnya.


Sementara dampak yang diharapkan dalam kegiatan ini, kata Husein Murad, dapat memberikan inspirasi kepada peserta upacara untuk mengenal indahnya kepulauan dan berfikir positif untuk mengeksplor sumber daya alam bidang maritim menjadi pemecah masalah untuk kesejahteraan sosial.


“Saya juga berharap tumbuhnya kesadaran bahwa maritim adalah sumber kemakmuran bagian dari ibu pertiwi yang mempersembahkan kehidupan bagi generasinya. Laut adalah bagian masa depan yang cerah dan perlu dikelola oleh SDM unggul untuk mewujudkan Indonesia Maju,” kata Husein.


Perlu diketahui, sebagai pulau terjauh, Pulau Sabira jarang mendapat kunjungan mulai dari sanak saudara hingga jajaran aparat Pemerintah. Namun berbeda saat ini, dibawah kepemimpinan Bupati Husein Murad, justru Pulau Sabira menjadi titik sentral curahan pikiran untuk kemajuan Pulau Seribu.


“Bangsa Indonesia setelah merdeka harus kembali melihat sejarah justru dilaut kita jaya. Untuk itu menjadi upaya bangsa dan negara mengembalikan maritim sebagai salah satu ajang untuk menempuh kejayaan memberikan kesejahteraan sosial,” tandasnya.


tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00