• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Layanan Publik

Kesulitan Tambah Pelanggan, PDAM Depok Turunkan Target Pendapatan Hingga Rp6 Miliar

12 August
20:18 2019
1 Votes (5)

KBRN, Depok: PDAM Tirta Asasta Kota Depok kesulitan mencapai target 7500 pelanggan baru tahun 2019 karena masih tingginya animo warga menggunakan air tanah. Apalagi hasil tes laboratorium menunjukkan 93 persen air tanah warga masih bagus atau layak digunakan.

Manager Pemasaran PDAM Tirta Asasta Kota Depok Imas Dyah Pitaloka mengatakan dari 73 perumahan yang telah mereka data dan survey peminatan, mayoritas warganya masih enggan beralih dari air tanah ke PDAM. Alasannya karena mareka masih menggunkan air alternatif yakni air tanah.

"Mayoritas warga di 73 perumahan itu belum menjadi pelanggan PDAM. Dan survey pemintan juga menunjukkan trend itu ngga bakal berubah dalam waktu dekat ini," kata Imas kepada RRI, di PDAM Depok, Senin (12/08/2019).

Disisi lain, pihaknya tidak dapat menekan masyarakat beralih dari air tanah ke PDAM. Karena belum ada aturan atau perda yang mengatur hal itu kecuali untuk bisnis.

"Kalau untuk sambungan rumah tangga belum ada aturannya, jadi kita ngga bisa nekan juga. Kecuali untuk bisnis itu wajib pakai air PDAM, seperti Mall, Apartemen kantor dan sejenisnya," jelas Imas.

Dampaknya target penambahan 7.500 sambungan baru di akhir tahun 2019 tidak dapat tercapai. Setelah melakukan evaluasi pihaknya akhirnya menurunkan jumlah target tersebut dari 7500 mejadi 5069 sambungan baru hingga akhir 2019.

"Mau ngga mau setelah dilakukan evaluasi ya udah kita turunin target penambahan pelanggan baru dari 7500 ke 5069. Daripada di paksain tapi ngga mampu?," ujarnya.

Perubahan jumlah target pelanggan baru tersebut juga mempengaruhi target pendapatan PDAM tahun 2019. Sebelum perubahan Rencana Kerja Anggaran Perubahan Perusahaan (RKAPP) pihaknya menargetkan pendapatan Rp139 miliar sampai akhir 2019, turun menjadi Rp133 miliar.

"Setelah dilakukan penyesuaian target pendapatan dampak dari menurunnya target pelanggan baru, maka target pendapatan PDAM turun Rp6 miliar 2019. Sember pendapatan PDAM Deook dari tagihan air, biaya sambungan baru, bunga deposito di Bank dan lain-lain," tandasnya. (RL)

  • Tentang Penulis

    Rido Lingga, S.Kom

    Jurnalis Radio Republik Indonesia | RRI Jakarta | email: lin99a@gmail.com

  • Tentang Editor

    Rido Lingga, S.Kom

    Jurnalis Radio Republik Indonesia | RRI Jakarta | email: lin99a@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00