• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Urban

Future Skill and Future Job : Development of Human Capital in Indonesia

26 April
00:47 2019
1 Votes (5)

KBRN, BOGOR :  Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor (IPB) bekerjasama dengan Kementrian Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Kementrian BAPPENAS) menggelar seminar internasional bertajuk “Future Skill and Future Job: Development of Human Capital in Indonesia”, di Gedung ICC, Kampus Baranangsaing, Kota Bogor. Kamis, (25/04)

Dekan Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB, Dr. Nunung Nuryantono, mengatkan seminar ini merupakan rangkaian kegiatan road to Indonesian Development Forum (IDF) yang akan diselenggarakan pada sekitar bulan Juli tahun ini.

“Secara umum, kegiatan ini bertujuan untuk menyediakan berbagai rekomendasi yang komprehensif terkait dengan permasalahan pembangunan sumberdaya manusia di Indonesia dalam rangka meningkatkan data saing di era VUCA (Volatilitas, Uncertainty, Complex dan Anxiety),” jelasnya. 

Adapun peserta pada kegiatan tersebut terdiri dari para dosen, peneliti, praktisi, mahasiswa, dan pengambil kebijakan sebanyak 150 orang yang berasal dari berbagai instansi yang merumuskan kebijakan yang berkontribusi positif dalam hal perkembangan sumberdaya manusia nasional.

“Kegiatan ini juga merupakan rangkaian dari Indonesia Development Forum (IDF) yang secara rutin diselenggarakan oleh Bappenas didukung oleh Pemerintahan Australian melalui knowledge sector initiative,” terangnya.

Dr. Nunung, juga menyampikan bahwa pada 2019 ini juga akan dilaksanakan pada tanggal 22 sd 23 Juli mendatang, dengan mengusung tema ‘Mission Possible : Seizing the Opportunities of Future Work to Drive Inclusive Growth’.

Pada kegiatan tersebut, lanjutnya IDF mengundang pengajuan proposal , paparan singkat, seni dan budaya serta ide dalam bentuk blog, video atau infografik dari delapan topik yakni mempercepat transformasi struktural, reformasi sistem pendidikan dan pelatihan vokasi (TVET) untuk pekerjaan Masa Depan, Menciptakan peluang kerja yang inklusif, memperbaiki iklim investasi untuk penciptaan lapangan kerja, mengembangkan iklim investasi untuk penciptaan lapangan kerja, Mengembangkan Usaha mikro kecil dan menengah yang berdaya saing global, membina perilaku usaha sosial, mengembangkan talenta dan pasar lokal, serta  mengenai peningkatan kualitas modal manusia.

“Untuk pembicara ini kita menghadirkan beberapa narasumber baik dari dalam maupun luar negeri, diantaranya hadir Prof. Christopher Findlay, dari Adelaide University, Australia, Eduardo Pedrosa, Secretary General dari Pacific Economic Cooperation Council (PECC) Singapore, Yenny Sugiarto, Operation Manager dari Binus Apple Developer Academy dan  Yudith Dwi Anggraini, Human Capital Senior Advisor dari PT. Telkom Indonesia,” sebutnya.(aris)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00