• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nama & Peristiwa

Woro Woro, Polresta Depok Turut Sosialisasikan Pemilu 2019

15 April
19:03 2019
0 Votes (0)

KBRN, Depok: Kapolres Kota Depok Kombes Pol Didik Sugiarto menghimbau kepada masyarakat untuk menggunakan hal pilihnya pada hari H pemilu 17 April 2019. TNI-Polri siap mengamankan penyelenggaraan pemilu hingga ke TPS-TPS di Kota Depok

"Ini untuk memberikan jaminan keamanan kepada masyarakat saat pemilu 2019," kata Didik kepada wartawan di Perpustakaan Balaikota Depok, Senin (15/04/2019).

Pihaknya bahkan membantu KPU Kota Depok mensosialisasikan pemilu kepada masyarakat bahwa hari pencoblosan itu adalah Rabu, 17 April 2019. Sosialisasi itu berupa menyebar brosur-brosur tentang hari pemungutan suara sekaligus memberikan informasi kepada penggunan jalan bahwa situasi kemanan pada hari H pemilu aman.

"Ini mekasnisme kita, melalui personel patroli-patroli di 3 traffic light di Kota Depok diantaranya di lampu merah Ramandan, Juanda dan Tugu Jam di Jalan Raya Margonda," jelas Didik.

Selain itu personil juga menggunakan mobil dengan pengeras suara, memberikan informasi pemilu berupa woro-woro (penyeras suara). Agar masyarakat menggunakan hak pilihnya pada 17 April 2019.

"Insya Allah, target 80 persen tingkat partisipasi pemilih KPU Kota Depok pada pemilu 2019 tercapai. Ini kita masih ada waktu 2 hari, kita optimalkan sosialisasi kepada masyarakat, sehingga masyarakat benar-benar mengetahui bahwa hari pemungutan suara itu Rabu 17 April 2019," katanya.

Selain itu, lanjut Didik, pihaknya juga mengingatkan ada larangan-larangan kepada masyarakat untuk tidak melakukan tindakan intimidasi, mengancam orang untuk golput dan sebagainnya. Sebagaimana diatur dalam UU No 07 tahun 2017 tentang pemilu.

"Hati-hati, jangan coba-coba mengintimidasi, mengancam orang untuk golput karena dapat dipidana dan di denda jika terbukti. Ini kita sampaikan kepada masyarakat sehingga masyarakat sadar hukum, sehingga masyarakat diberikan kebebasan memilih sesuai hak pilihnya," tandas mantan Wadirreskrimum Polda Metro Jaya itu.

Didik mengajak kepada semua pihak untuk turut serta menciptakan kondisi pemilu yang aman dan tertib di Kota Depok. Kalau pun ada pihak yang merasa tidak puas terhadap hasil penghitungan suara, silahkan ada mekanismenya.

"Karena ketika masyarakat menggunakan tindakan-tindakan yang tidak sesuai dengan hukum, ada potensi-potensi peristiwa hukum yang terjadi. Oleh sebab itu kita terus mensosialisasikan sehingga masyarakat betul-betul menciptakan situasi dalam penyelenggaraan pemilu ini aman dan tertib," pungkasnya. (RL)

  • Tentang Penulis

    Rido Lingga, S.Kom

    Jurnalis Radio Republik Indonesia | RRI Jakarta | email: lin99a@gmail.com

  • Tentang Editor

    Rido Lingga, S.Kom

    Jurnalis Radio Republik Indonesia | RRI Jakarta | email: lin99a@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00