• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nama & Peristiwa

Diduga Korupsi, Bupati Kabupaten Kepulauan Tanimbar Dilaporkan ke KPK

27 March
21:37 2019
3 Votes (3.7)

KBRN, Jakarta: Sekelompok Masyarakat yang terdiri dari unsur Lembaga Swadaya Masyarakat bersama salah seorang Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Maluku Tenggara Barat yang saat ini berubah nama menjadi Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Sony Hendra Ratissah, pada (8/3/2019) lalu mendatangi Kantor Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK) di Kuningan, Jakarta Selatan.

Diketahui kedatangan Sony dan beberapa LSM itu dalam rangka melaporkan dugaan tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh Bupati Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Petrus Fatlolon.

Adapun Sony Hendra Ratissah membenarkan bahwa dirinya pada awal Maret lalu telah melaporkan Bupati Kabupaten Kepulauan Tanimbar Ke Komisi Pemberantasan Korupsi.

"Benar, awal Maret lalu saya dan beberapa Lembaga Swadaya masyarakat Kabupaten Kepuluan Tanimbar datang ke KPK untuk mengadukan beberapa dugaan tindak pidana korupsi yang dilakukan oleh Bupati Maluku Tenggara Barat ke KPK," ujar Sony saat dihubungi di Jakarta, Rabu (27/3/2019).

Sony menerangkan, Bupati Maluku Tenggara Barat diadukan atas dasar dugaan korupsi pada proyek pembangunan jalan masuk Bandara Saumlaki, serta rasionalisasi anggaran daerah (APBD) Kabupaten Maluku Tenggara Barat (Kepulauan Tanimbar) tahun 2018, serta beberapa kasus lainnya.

"Banyak kasus dugaan korupsi yang diduga menjerat Bupati yang kami laporkan ke KPK, termasuk di dalamnya soal rasionalisasi APBD tahun 2018, Kabupaten Tanimbar (Maluku Tenggara Barat) yang dilakukan secara sepihak, serta dugaan korupsi pembangunan jalan masuk bandara dan soal penjualan raskin oleh pemda Kabupaten Tanimbar," kata Sony.

Sony berharap, KPK segera memproses pengaduan dugaan korupsi Bupati Tanimbar, demi terwujudnya clean governance di Pemerintahan Kabupaten Tanimbar.

"Saya berharap KPK secepatnya memproses dugaan korupsi ini, apalagi jika mengacu pada bukti-bukti yang sudah kami serahkan ke KPK, rasanya pantas jika kasus dugaan tindak pidana korupsi ini dinaikkan statusnya ke penyelidikan, ini semua demi terciptanya clean governance di Pemda Kepulauan Tanimbar," tegas Sony.

Sony yang diketahui sebagai anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Tanimbar, mengaku cukup prihatin dengan maraknya tindak pidana korupsi yang terjadi di Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

"Kalo perkara ini didiamkan, saya khawatir korupsi akan semakin marak di Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Sebab, selama ini para terduga pelaku tindak pidana korupsi seperti kebal hukum, kasihan masyarakat Kabupaten Kepulauan Tanimbar, keadaan masyarakat secara ekonomi masih banyak tertinggal, bahkan sekarang angka kemiskinan semakin meningkat," pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00