• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Urban

Festival Isen Mulang Ditargetkan 'sedot' 500 wisman

19 March
12:49 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta: Selain Bali dan Lombok, masih banyak destinasi wisata di Indonesia yang patut diperhitungkan. Provinsi Kalimantan Tengah salah satunya. Tidak hanya karena pemandangan alamnya yang memukau, kawasan ini juga menyimpan nilai budaya dan etnis yang sangat kental.

Hal tersebut mendorong Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah untuk terus mempromosikan potensi wisata mereka. Salah satunya dengan menggelar kembali Festival Budaya Isen Mulang (FBIM).

Pada penyelenggaraan tahun ini, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah menargetkan 500 wisatawan mancanegara (wisman) akan mengunjungi pergelaran Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) 2019.

"Dari penyelenggaraan FBIM 2019 panitia menargetkan kunjungan 25.000 wisatawan nusantara (wisnus) dan 500 wisatawan mancanegara (wisman)," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalteng Guntur Talajan Selasa, 19/03/2019.

Dia mengatakan, dalam rangka menarik minat wisatawan, berbagai pertunjukan seni dan budaya, permainan dan kompetisi, serta Kontes Kecantikan Wisata Kalteng akan dilanjutkan dengan penyelenggaraan event unggulan lainnya antara lain: 'Kahayan Boat Festival menampilkan; rally sampan/perahu, jukung hias, besei kambe, balap klotok/alkon, perahu kuliner yang berlangsung di Palangkaraya pada Juni 2019, sedangkan pada September dan Okober 2019 akan berlangsung event Tiwah' atau upacara ritual kematian tingkat akhir bagi Suku Dayak di Kalteng.

Pergelaran Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) 2019 ini sendiri akan dilaksanakan di Kota Palangka Raya pada 18-24 Mei 2019 mendatang.

Menangkat tema "Eksistensi Kearifan Lokal Menuju Kalteng Berkah", acara akan dimeriahkan beragam budaya dari berbagai etnis yang ada di Kalimantan Tengah.

Dalam penyelenggaraan FBIM 2019  tahun ini, menampilkan 18 macam lomba kesenian yang diikuti peserta dari kabupaten/kota se-Kalteng dan kegiatan festival tersebut dalam rangka menyambut hari jadi Provinsi Kalteng  pada 23 Mei.  

Event FBIM telah berjalan sejak 1993 dan setiap tahun pengunjungnya  terus meningkat. Pada penyelenggaraan FBIM 2018  yang lalu  pihak panitia mentargetkan kunjungan 500 wisman dan 20 ribu wisnus, sedangkan FBIM tahun ini target pengunjung dinaikkan menjadi 25.000 wisnus dan 500 wisman. 

"Harapan kami, even ini mampu mengangkat semua potensi yang kami miliki. Untuk dinikmati wisatawan manca negara dan nusantara," ujar Guntur,  seraya berharap Menteri Pariwisata, Arief Yahya datang untuk membuka festival. 

Lebih lanjut Guntur mengatakan pihaknya ingin masyarakat dunia makin mengenal Festival Budaya Isen Mulang. Kegiatan festival tahunan yang digelar di Kota Palangka Raya dalam rangka menyambut Hari Jadi Provinsi Kalimantan Tengah yang jatuh pada bulan Mei. Isen Mulang dalam bahasa Dayak Ngaju memiliki arti “pantang mundur” dan masuk dalam agenda tahunan yang selalu dinantikan masyarakat lokal.

  • Tentang Penulis

    Budi Prihantoro

    Jurnalis Radio Republik Indonesia | RRI Jakarta | email: budiprihantoro811@gmail.com

  • Tentang Editor

    Budi Prihantoro

    Jurnalis Radio Republik Indonesia | RRI Jakarta | email: budiprihantoro811@gmail.com

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00