• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nama & Peristiwa

Asep Kambali: Anak Muda Kalau Gak Main Vlog Ya Ketinggalan

10 October
21:17 2018
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta: Dalam rangka memperingati hari ulang tahun Museum Basoeki Abdullah ke 17, pengelola museum Basoeki Abdullah menyelenggarakan Lokakarya Teknik Videografi Menggunakan Gawai/gadget.

Kepala Museum Basoeki Abdullah, Maeva Salmah, menyatakan kegiatan yang menghadirkan Ketua Komunitas Historia Indonesia, Asep Kambali, dan Bima Prasena (travel blogger), ini bertujuan memberikan pengetahuan tentang video blog atau vlog kepada para peserta.

"Saat ini kita semua harus bersahabat dengan gadget. Misalnya saya, soal surat menyurat sudah menggunakan gadget (HP). Dan walaupun saya di luar kota, tapi masih bisa bekerja dengan HP, jadi kita mau tidak mau harus melek teknologi," ujarnya kepada peserta Lokakarya Teknik Videografi Menggunakan Gawai/gadget, di Museum Basoeki Abdullah, Rabu (10/10/2018).

Dalam kesempatan sama, Asep Kambali, mengatakan vlog pada dasarnya adalah memindahkan diari ke online. "Basisnya tulisan, namun sekarang berupa video, ditambah grafis, gerak dan suara. Karena itu, anak muda kalau gak main vlog ya ketinggalan," katanya.

Setiap vloger, lanjut Asep Kambali, harus memiliki pemahaman dan keterampilan dasar sebagai public speaker. "Berani berbicara di depan publik, berani berbicara di depan kamera, menguasai materi yang akan disampaikan, memperhatikan penampilan, serta melatih kepribadian (emosi, etika)," ungkapnya.

Namun Asep menyayangkan, warganet Indonesia kurang minat dengan vlog tentang sejarah atau budaya. Konten sejarah dan budaya gak diminati. Konten yang tak bernilai justru laku, tidak mendidik, membodohi publik pasti laku dan bertahan lama," tegasnya. RBR

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00