Mengaku Direskrimum Polda Jatim, Tipu Pengusaha Rp60 Juta
Tgl: 18/01/2014 21:59 Reporter: Anik Hasanah

KBRN, Surabaya : Komplotan pelaku penipuan berkedok sebagai pejabat tinggi di instansi pemerintahan, berhasil diringkus Sub Dit III Jatanras Direskrimum Polda Jatim. Kelompok ini terdiri dari lima orang, dua diantaranya telah tertangkap, yakni ALM (40) warga Kemayoran, Jakarta, dan BRH (48) warga Tanjung Priok, Jakarta.

Kasus terakhir adalah, tersangka ALM mengaku sebagai Kombes Pol Bambang Priyambada, pejabat tinggi dari Polda Papua, yang akan dimutasi menjadi Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jatim. Tersangka berusaha mencari kontak teman dari pejabat yang lama.

Kasubdit Penmas Polda Jatim, AKBP Bambang Tjahjo Bawono mengungkapkan, tersangka akhirnya mendapatkan kontak salah satu pengusaha, yang merupakan teman dekat Direskrimum Polda Jatim yang lama. Kemudian mereka meminta uang sebanyak Rp60 juta.

"Setelah mendapatkan handphonnya dari temannya Direskrimum Polda Jatim yang lama, mengaku sebagai Direskrimum Polda Jatim yang baru, meminta bantuan sejumlah uang yakni sebesar 60 juta, untuk alasan kegiatan pindahnya beliau dari Polda Papua ke Polda Jatim," jelas AKBP Bambang, Sabtu (18/1/2014).

Kasus tersebut terbongkar, setelah seorang pengusaha atas nama Heri, yang menjadi korban penipuan ini memastikan transferan uang tersebut kepada pejabat Direskrimum Polda Jatim yang baru. Namun Kombes Pol Bambang Priyambada tidak merasa menerima dan meminta uang tersebut, akhirnya mengusut kasus ini.

Polda Jatim akhirnya berhasil membekuk dua diantara lima tersangka, sedangkan tiga lainnya masih buron. Dari hasil pemeriksaan, mereka telah melakukan penipuan dengan selalu berkedok pejabat tinggi yang baru akan mutasi di instansi lain. Tidak hanya kepolisian, namun juga instansi pemerintah lain. (Anik H/BCS)


Komentar Anda:

copyright© 2012 Radio Republik Indonesia - Kantor Berita Radio Nasional