KPU Banjarnegara Gelar Pembekalan Bagi Relawan Demokrasi
Tgl: 15/11/2013 17:00 Reporter: Joko Winarno

KBRN, Banjarnegara: Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Banjarnegara, Jawa tengah, menggelar pembekalan dan bimbingan teknis bagi relawan demokrasi (relasi) Pemilu 2014.

Ketua KPU Kabupaten Banjarnegara, Gugus Risdaryanto mengatakan, sebagai upaya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilu 2014, KPU Banjarnegara telah merekrut 15 orang relawan, yang akan bertugas untuk mensosialisasikan Pemilu kepada masyarakat.

"Maka sebelum mereka terjun ke tengah masyarakat untuk mensosialisasikan Pemilu, maka para relawan ini perlu mendapat pembekalan," katanya disela acara pembekalan, Jumat (15/11/2013).

Menurut dia, para relawan demokrasi ini nantinya akan mensosialisasikan Pemilu 2014 pada segmenya masing - masing.

"Ada lima segmen yang menjadi terget sosialisasi, yakni segmen pemilih pemula, penyandang disabilitas, kelompok perempuan, kelompok pinggiran,serta kelompok agama," terangnya.

Ke 15 orang relawan ini akan menjadi mitra KPU, dengan harapan akan mendongkrak tingkat partisipasi pemilih pada Pemilu 2014 mendatang.

"Materi Bimtek yang diberikan meliputi Pentingnya demokrasi, pemilu dan partisipasi masyarakat, tata cara pemberian suara, serta proses penyelenggaraan pemilu yang demokratis dan sesuai dengan perundang-undangan," jelasnya.

Dengan menerjunkan relawan demokrasi ini, lanjut Gugus, diharapkan tingkat partisipasi masyarakat dalam menyalurkan hak pilihnya dapat meningkat.

"Perekrutan relawan demokrasi ini juga karena dilatar belangi karena tingkat partisipasi masyarakat cenderung menurun dalam beberapa kali pemilu," tutupnya. (Joko Winarno/DS/AKS)


Komentar Anda:

copyright© 2012 Radio Republik Indonesia - Kantor Berita Radio Nasional