Komjen Pol Sutarman Calon Kapolri Itu,Berasal dari Keluarga Petani
Tgl: 06/10/2013 22:01 Reporter: Edwi Puryono

KBRN Sukoharjo : Sosok Komjen Pol Sutarman Calon Tunggal Kapolri Berasal dari Keluarga Petani di Sukoharjo

Kabar tentang Komjen Pol Sutarman yang merupakan calon tunggal Kapolri membuat banyak pihak ingin mengetahui lebih dekat dengan keluarga sosok calon tunggal Kapolri tersebut.

Komjen Pol Sutarman menghabiskan masa kecilnya di Dukuh Dayu Rt 3/ Rw 11 Dusun Dayu Desa Tawang, Kecamatan Weru Sukoharjo. Putra sulung darilimabersaudara pasangan Pawiro Mihardjo dan Alm Samiyem tersebut lahir pada 5 Oktober 1957 silam.

Saat berkunjung ke rumah Komjen Sutarman yang terletak berbatasan dengan Kabupaten Klaten tersebut, ayahnya Komjen Pol Sutarman Mbah Pawiro yang kini berusia 83 tahun didampingi ibu tirinya, Semi (60) menyambut kedatangan sejumlah wartawan.

Saat sejumlah wartawan bertanya tentang sosok dan kepribadian Komjen Pol Sutarman, Mbah Pawiro menunjukkan kebanggaannya dengan mata yang berbinar-binar. Kebanggaan campur haru itu berlatar belakang dari kisah Sutarman yang serba kekurangan semasa kecilnya. “ jelas kami bangga dengan prestasi dari anak saya “, kata Mbah Pawiro singkat.

Rumah mbah Pawiro Miharjo yang dulu dibangun menggunakan bahan kayu hingga kini masih terawat. Dalam pekarangan seluas kira-kira 2.000 meter persegi itu sekarang sudah bertambah beberapa bangunan. Antara lain dua rumah tembok ukuran besar dan satu padepokan "Langgeng Mulyo" yang diresmikan oleh Komjen Pol Sutarman sendiri bulan Agustus 2012.

Padepokan tersebut tiap malam Sabtu dipergunakan untuk latihan karawitan atau gamelan Jawa oleh warga setempat. Tiap kali Sutarman akan menduduki jabatan baru atau naik pangkat selalu minta doa restu ke ayahnya. Termasuk saat ini dimana KOmjen Pol Sutarman menjadi satu-satunya calon tunggal Kapolri yang diajukan Presiden SBY. Secara resmi Presiden mengajukan calon tunggal Kapolri kepada DPR-RI Jumat 27 September 2013. (Edwi/BCS)

 


Audio


Komentar Anda:

copyright© 2012 Radio Republik Indonesia - Kantor Berita Radio Nasional