KPU Sintang Rekrut Relawan Demokrasi
Tgl: 26/09/2013 15:40 Reporter: Taufik Hidayat

KBRN,Sintang: Bertujuan Meningkatkan partisipasi dan Kwalitas Pemilih dalam menggunakan hak pilih pada pemilu 2014 mendatang , KPU Kabupaten Sintang  akan melakukan rekrutmen program Relawan Demokrasi yang  melibatkan kelompok masyarakat berasal dari 5 (lima) segmen pemilih strategis yaitu Pemilih Pemula, Kelompok Agama, Kelompok Perempuan,  Kelompok Penyandang Disabilitas dan Kelompok Pinggiran.

Ketua Devisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan SDM  Zainur Ikhsan mengatakan  Setiap kelompok sasaran direkut lima relawan demokrasi yang akan di seleksi oleh KPU Kabupaten Sintang.

“ Kelompok ini bersentuhan langsung dengan masyarakat sehingga perannya sangat di perlukan guna meningkatkan kwalitas dan partisipasi pemilu  2014, Setiap Kabupaten ada 25 orang.” Jelas Zainur Ikhsan.kamis (26/9/2013)

Relawan demokrasi ini akan turun kelapangan dengan memberikan penyuluhan pada masyarakat untuk memberikan penyadaran pada masyarakat tentang pentingnya partisipasi pemilu, melalui metode ceramah, Simulasi dan penyebaran  famplet.

Menurut Zainur pemilu 2014 harus  menjadi  titik balik persoalan partisipasi pemilih yang sebelumnya. Angka partisipasi memilih harus meningkat dan inflasi kualitas pemilih harus dipulihkan. Karena memilih adalah tindakan politik yang mulia. KPU bersama komponen bangsa lainnya memiliki tanggung jawab yang besar untuk memastikan titik balik terwujud.

Proses pendaftaran dapat dilaksanakan di sekretariat KPU Kabupaten Sintang di mulai tanggal 25 September hingga 2 Oktober 2013.

Persyaratanya, Warga Negara Indonesia (WNI), Berusia Minimal 17 tahun pada saat mendaftar, khusus untuk relawan pemilih pemula maksimal berusia 25 tahun, Berdomisili di wilayah setempat, Non-partisan sekurang-kurangnya dalam lima (5) tahun terakhir, Memiliki komitmen menjadi relawan pemilu, Terdaftar sebagai pemilih, Memiliki kemampuan komunikasi yang baik, Bertanggung jawab dan berakhlak baik, Memiliki pengalaman terkait kegiatan penyuluhan atau aktif dalam organisasi kemasyarakatan/kemahasiswaan, Bukan bagian dari penyelenggara pemilu, Pendidikan Minimal SLTA atau sederajat, Tidak pernah terlibat tindak pidana atau tidak sedang menjalani proses hukum atas tindak pidana.(Taufik/BCS)


Komentar Anda:

copyright© 2012 Radio Republik Indonesia - Kantor Berita Radio Nasional