PKL Jember Minta Dinas Peternakan Pemprov Jatim Tidak Lakukan Pengusuran
Tgl: 22/09/2013 19:19 Reporter: Gandhi Luqmanto

KBRN, Jember: Selain berpotensi terjadinya benturaan antara pedagang dengan pihak kontraktor proyek, upaya pengusuran puluhan kios milik para PKL akan berimbas bagi sosial ekonomi. 

Puluhan Pedagang Kaki Lima (PKL) yang menempati lokasi aset Dinas Peternakaan, Perikanan Dan Kelautan Pemprov Jawa Timur di kawasan pasar Sabtuaan, Kelurahaan Kebonsari, Kecamataan Sumber Sari, Jember meminta proyek pemasangan pagar yang dilakukan dengan membongkar puluhan kios dilokasi tersebut agar tidak dilanjutkan.

Selain berpotensi terjadinya benturaan antara pedagang dengan pihak kontraktor selaku pelaksana pembangunan proyek, upaya pengusuran puluhan kios milik para PKL akan berimbas bagi sosial ekonomi masyarakat sekitar yang telah puluhan tahun mengantungkan penghasilannya dari berdagang di lokasi tersebut.

Kordinator pedagang pasar Sabtuaan, Jury, menyayangkan sikap Dinas perikanan, Peternakan dan Kelautan Propinsi Jawa Timur yang secara spontanitas memerintahkan kontraktor untuk merealisasikan proyek pemagaaraan di kawasan tersebut, padahal selama ini belum ada komunikasi dan dialog yang disampaikan kepada para pedagang baik oleh dinas propinsi maupun kabupaten.

“Kita sudah mengadukan persoalan ini baik kepada pihak dinas peternakan kabupaten, DPRD, sekaligus pedagang pernah melayangkan surat kepada dinas propinsi yang isinya agar pihak propinsi bisa menjadikan seluruh pedagang di sini sebagai binaan, kami siap dibina bukan digusur,” terangnya ditemui RRI, Minggu (22/9/2013).

Pantauaan RRI di sekitar lokasi, puluhan pedagang mengelar doa dan tahlil bersama sebagai wujud penolakaan atas rencana pengusuran tersebut, selain itu, para pedagang juga menyatakaan akan tetap menolak  tengat waktu yang diberikan pihak kontraktor bagi para pedagang  untuk membongkar seluruh lapak di lokasi tersebut hingga batas waktu Senin (23/9/2013) Besok. (GL/AKS)


Audio


Komentar Anda:


copyright© 2012 Radio Republik Indonesia - Kantor Berita Radio Nasional