24 Jamaah Haji yang Sakit Masih Dirawat di RS Arab Saudi
Tgl: 09/01/2012 12:23 Reporter: Asep Dadi Rahman

KBRN,Jakarta : Sebanyak 24 jamaah haji yang sakit kini masih dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi, terdiri 22 jamaah haji reguler dan dua jamaah haji Khusus (ONH Plus). Dari jumlah tersebut, empat berada di RS Jeddah, 7 RS Makkah, dan 13 RS Madinah. Dari jumlah itu, 22 jamaah haji reguler dan dua jamaah dari haji Khusus (ONH Plus).

Direktur Pelayanan Haji Kementerian Agama Zainal Abidin Supi mengatakan, dari 24 jamaah haji sakit, tiga di antaranya akan dipulangkan ke Tanah Air yakni Kayawati Cammo Kaco (eks kloter 40 Makassar) dijadwalkan tiba di Tanah Air pada 7 Januari 2012; Sutia Sabidin (eks kloter 67 Surabaya) dan Hapsa Kadir Syamsudin (eks kloter 89 Surabaya) akan tiba di Tanah Air pada 8 Januari 2012.

Ketiga jamaah tersebut dinilai sudah layak untuk dipulangkan. Mereka akan diantarkan oleh petugas sampai daerah embarkasi masing-masing. Sementara jamaah haji yang masih dalam perawatan di Rumah Sakit Arab Saudi belum dapat dipulangkan ke Tanah Air. Mereka baru diperbolehkan pulang setelah mendapatkan Medical Information dari rumah sakit yang bersangkutan.

"Sebagian jamaah haji sakit masih membutuhkan perawatan di rumah sakit Arab Saudi secara intensif. Kepulangan mereka menunggu kondisi kesehatannya membaik atau memenuhi kelaikan terbang. Oleh karena itu, para keluarga jamaah tidak perlu khawatir," kata Supi.

Dengan akan dipulangkannya tiga jamaah haji tersebut, kata Supi, berarti masih ada 19 jamaah yang masih berada di RS Arab Saudi. Ke-19 jamaah tersebut adalah Jasudin (eks kloter 15 Padang), Marwiyah Samsuri Murja (eks kloter 01 Solo), Muhammad Tamsudi Joyo Atmo (eks kloter 07 Solo), Muryati Daan Sanud (eks kloter 58 Solo), Ernawati binti Nurdin (eks kloter 10 Palembang), Naharudin bin Busu (eks kloter 12 Medan), Hariroh binti Arsyad (eks kloter 52 Jakarta Garuda), Sukemi Rahmat Umar (eks kloter 61 Solo), Sujaya (eks kloter 32 Jakarta Garuda), Daeng Masa Talle (eks kloter 44 Makassar).

Saudah binti Said Abu Bakar (eks kloter 47 Surabaya), Rakimin Tjokromejo Wahid (eks kloter 35 Surabaya), Halimah (eks kloter 59 Jakarta Saudia), Karja bin Dakmad (eks kloter 25 Jakarta Saudi), Salu Sukana Manta (eks kloter 53 Jakarta Saudi), Marsiin Giso Ndoyoh (eks kloter 34 Surabaya), Imam Maksum (eks Kloter 02 Batam), Makmuri (eks kloter 50 Jakarta Saudi), dan Oyo Sutawijaya (eks kloter 74 Jakarta Saudi). (ADR/Rell.Kemenag/HF)


Audio


Komentar Anda:

copyright© 2012 Radio Republik Indonesia - Kantor Berita Radio Nasional