Ulang Tahun Perak Museum Lampung Diwarnai Berbagai Kegiatan
Tgl: 16/09/2013 14:02 Reporter: Agung Ghazaldi

KBRN Bandar Lampung : Berbagai perlombaan permainan tradisional anak-anak akan mewarnai peringatan ulang tahun perak Museum Lampung yang jatuh pada tanggal  24 September mendatang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata provinsi Lampung Masri Yahya dalam ekspose kegiatan itu Senin (16/9/2013) siang tadi mengatakan, beberapa perlombaan akan dilakukan untuk memeriahkan ulang tahun ke-25 Museum Lampung, khusunya olahraga dan permainan tradisional anak-anak seperti lomba engrang dan terompah panjang serta seni pertunjukan anak.

Permainan engrang dan terompah panjang dipilih karena adanya filosofi kebersamaan dalam permainan itu, sesuai dengan tema yang diusung dalam perayaan ulang tahun perak museum lampung serta untuk melestarikan dan mengaktualisasikan permainan anak-anak tradisonal Lampung.

"Permainan tradisional anak-anak akan mewarnai kegiatan ulang tahun perak museum lampung, sebagai upaya melestarikan dan mengaktualisasikan permainan tradisional itu" jelas Masri Yahya.

Lomba engrang akan diikuti oleh SLTP se-Bandar Lampung, sementara lomba terompah panjang akan diikuti oleh ibu-ibu organisasi wanita dan Penggerak PKK serta sahabat museum.

Lebih lanjut dikatakan, untuk seni pertunjukan anak akan menampilkan tari gondang-gondangan, tari permainan anak-anak seperti cang-cang kalo dan uler-uler bang.

Selain itu pada ulang tahun perak Museum Lampung akan diujicoba kunjungan museum pada malam hari, program itu disebut night at museum sebagai bentuk keterbukaan museum dalam menerima pengunjung museum dengan waktu luang terbatas pada malam hari.

Sementara pada puncak kegiatan ulang tahun perak Museum Lampung akan diadakan pemberian apresiasi kepada mantan kepala museum selama periode 25 tahun, peresmian gedung café dan cindramata Museum Lampung, peresmian pintu gerbang Museum Lampung serta ucapan apresiasi dengan membubuhkan tanda tangan pada bentangan kain putih oleh para pengunjung yang akan dipasang mengelilingi dinding luar gedung pameran tetap Museum Lampung. (Agung/WDA)


Audio


Komentar Anda:


copyright© 2012 Radio Republik Indonesia - Kantor Berita Radio Nasional