KONI Surabaya Sesalkan Penyelenggaraan Kejurnas Taiji dan Wushu
Tgl: 06/09/2013 09:23 Reporter: Ony Ariyanto

KBRN, Surabaya : Penyelenggaraan Kejuaraan nasional Kejurnas Taiji dan Wushu yang digelar di Atrium Lenmarc Mall 5 September 2013 oleh FORMI Jawa Timur disesalkan KONI Kota Surabaya. Bagaimana tidak, Federasi Olah Raga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Formi) Jawa Timur, sudah masuk ke ranah cabang olahraga yang tergabung dalam Komite Olahraga nasional Indonesia.

Budi Haryono, Humas KONI Kota Surabaya, mengatakan, “Ini sudah salah kaprah! Formi Jatim kok menggelar welcome party di kediaman WalikotaSurabayadan melibatkan cabang olahraga Wushu. Ini sudah tumpang tindih dan mau dibawa ke mana sebenarnya Formi ini, sementara organisasi bergerak pada olahraga rekreasi bukan prestasi. Apa ingin mengambil peran KONI.”

KONI telah memiliki peranan dan bertanggungjawab untuk membawahi cabor-cabor prestasi termasuk didalamnya cabang olahraga Wushu yang dipertandingkan Formi. Salah penafsiran Formi juga dipertegas dengan penolakan rekom yang diajukan ke Pengkot Wushu Surabaya maupun Pengprov Wushu Jawa Timur.

“Mereka ini sudah salah jalan, dan baik Pengkot WI Surabaya mapun Pengprov WI Jatim menolak dengan tegas untuk memberikan rekom kepada Formi. Alasan Cabor Wushu juga jelas dengan mengatakan organisasi olahraga ini berada dinaungan KONI bukan Formi,” jelas Budi Haryono.

FORMI pada dasarnya menjadi tempat bagi olahraga-olahraga rekreasi dan tradisional yang berkembang di masyarakat, seperti senam jantung sehat, senam tera, senam pernapasan, senam aerobik, barongsai, liang-liong, patrol, sepeda kuno, fun bike, serta olahraga tradisional hidup dan berkembang di tengah masyarakat.

“Seharusnya FORMI harus membina lahan olahraga rekreasi dan tradisional, bukan cabang olahraga prestasi yang jelas-jelas sudah berada di KONI,” aku Humas KONI Surabaya ini. (Ony/HF)


Komentar Anda:


copyright© 2012 Radio Republik Indonesia - Kantor Berita Radio Nasional